Membeli Water Heater Yang Tepat

Mungkin penggunaan water heater agak jarang di Indonesia karena iklimnya yang tropis. Namun tidak sedikit orang yang menambahkan water heater sebagai property tambahan pada shower mandi mereka. Hal ini pada umumnya digunakan oleh anda yang pulang dari beraktivitas setelah matahari terbenam, karena mandi menggunakan air dingin di malam hari hanya akan mengundang penyakit. Lalu bagaimana cara memilih dan membeli water heater yang ideal bagi kebutuhan anda? Berikut adalah beberapa pertimbangan yang bisa anda gunakan.

water heater

water heater

  1. Energi yang digunakan

Pemilihan jenis pemanas air yang anda gunakan sangat berpengaruh terhadap jumlah besar energi yang anda perlukan. Apabila menggunakan tenaga gas, berapa banyak gas yang diperlukan selama jangka waktu tertentu dan berapakah biayanya. Apabila menggunakan listrik, berapa besar watt yang dibutuhkan, apakah watt di rumah anda cukup atau perlu ditambah. Penggunaan panel tenaga solar pun membutuhkan atap yang lebih kuat dan kokoh untuk menyangga panel tersebut.

  1. Keamanan dan Perawatan

Teknologi secanggih apapun pasti tidak akan bertahan lama apabila tidak dirawat dengan baik dan benar, begitu juga dengan water heater. Anda bisa mencari cara membersihkan dan merawat water heater yang anda pilih atau langsung menanyakannya kepada teknisi yang membantu instalasi dari water heater dirumah anda. Perhatikan juga adanya anti karat dan anti bocor yang biasa tertera pada buku panduan produk.

  1. Instalasi

Terutama jika anda memutuskan untuk menggunakan water heater yang tersambung dengan AC atau solar panel, jangan meminta sembarang teknisi untuk melakukan instalasi. Hal ini karena tidak semua teknisi dapat menginstalasi water heater jenis ini. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah apakah pemasangan water heater membutuhkan perubahan dari struktur bangunan rumah yang sudah dibangun. Apabila water heater anda membutuhkan tangka penyimpanan air, maka hal itu juga perlu diperhatikan peletakannya.

  1. Harga

Harga water heater tergantung kepada merek dan jenis tenaga yang digunakan. Pada umumnya water heater yang murah menggunakan tenaga gas. Selain murah, penggunaan water heater tenaga gas juga lebih murah dalam biaya energi yang dikeluarkan. Berbeda dengan harga water heater yang menggunakan tenaga listrik dan tenaga matahari.

  1. Lokasi

Lokasi yang dimaksud adalah lokasi rumah atau tempat tinggal anda. Apabila anda berada di lokasi dengan cuaca dingin, ada baiknya jika anda menggunakan tenaga gas dikarenakan air yang perlu dipanaskan lebih lama untuk panas karena air nya dingin. Oleh karena itu menggunakan water heater dengan tenaga gas lebih hemat. Sedangkan apabila anda tinggal di lokasi yang mayoritas tahunannya panas, anda akan lebih hemat menggunakan water heater bertenaga listrik maupun tenaga matahari.

Jangan lupa untuk selalu mengecek kualitas dari water heater yang ingin anda beli sebelum membayar untuk produk tersebut. Selain itu, suhu panas pada kamar mandi akibat penggunaan water heater mungkin bisa membuat beberapa perabotan kamar mandi mudah berkarat. Agar tampilan kamar mandi tetap terlihat menarik, Anda harus paham tips menghilangkan karat pada perabotan kamar mandi dan kemudian terapkan pada kamar mandi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *