Masalah yang Sering Dialami Pada Masa Menyusui

Menjaga kecukupan nutrisi tidak hanya perlu dilakukan pada saat sedang mengandung saja, tetapi juga ketika memasuki masa menyusui. Mengonsumsi minuman pelancar ASI dan deretan makanan untuk meningkatkan kualitas ASI yang mengandung nutrisi penting untuk membantu kelancaran produksi ASI merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Dengan terpenuhinya nutrisi maka ASI yang diproduksi juga akan berkualitas dan secara tidak langsung berpengaruh pada kesehatan sang buah hati.

Masalah masa menyusui

Masalah masa menyusui, cr: google

Meskipun begitu, bukan berarti Ibu tidak akan mengalami masalah apapun setelah nutrisi terpenuhi. Sebab menurut alodokter masih ada beberapa masalah lain yang mungkin timbul dan tidak berkaitan dengan nutrisi. Apa sajakah itu?

  • Munculnya benjolan pada bagian payudara. Hal ini bisa disebabkan oleh susu yang mengeras dan menyumbat aliran ASI. Untuk mengatasinya Ibu bisa melakukan pijatan lembut dan kemudian peras agar sumbatannya hilang. Sebab jika tidak segera diatasi akan menyebabkan payudara terasa sakit. Kondisi ini biasanya terjadi jika payudara tidak benar-benar kosong saat menyusui.
  • Pemakaian bra yang salah tidak hanya akan menyulitkan Ibu saat ingin menyusui, tetapi juga menyebabkan masalah pada bagian payudara.
  • Jika payudara terasa nyeri, bengkak, dan memerah, segera kompres dengan handuk hangat. Kondisi ini bisa disebabkan adanya sumbatan susu yang tidak segera teratasi sehingga menyebabkan infeksi. Lebih baik lagi jika Ibu segera mengonsultasikan kondisi ini pada dokter yang menangani kesehatan Ibu. Dokter akan memberikan obat yang tepat dan aman sehingga bayi tetap bisa mengonsumsi ASI dengan aman.

Masalah yang muncul pada bagian payudara umumnya disebabkan karena jadwal menyusui yang tidak teratur sehingga menyebabkan ASI mengeras dan menyumbat. Untuk menghindarinya sangat disarankan untuk menyusui atau memeras ASI dalam jadwal yang teratur. Jika Ibu adalah seorang karyawan, buatlah schedule untuk memeras ASI dan pasanglah alarm agar tidak mengabaikannya.

Selain masalah pada bagian payudara, ada satu masalah dialami oleh ibu menyusui yang umum ditemukan, yaitu ketika sang buah hati ingin menyusui saat berada di ruang publik. Untuk mengatasinya Ibu bisa menggunakan kain untuk menutupi bagian depan Ibu selama menyusui. Pilihlah kain dengan bahan yang tidak panas sehingga anak tetap nyaman dan tidak kepanasan saat menyusu. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *