Menilik Manfaat Sehat Tomat untuk Si Kecil

Sebagai orang tua, Anda tentu menginginkan hal yang terbaik untuk si kecil. Mulai dari melindunginya dengan asuransi keluarga terbaik, hingga menghadirkan makanan bernutrisi untuk membantu tumbuh kembangnya. Bahkan sejak pemenuhan gizi bayi melalui MPASI pun, Anda secara mendetail memilih dan memilah apa saja yang perlu dikonsumsi.

Nah, ketika periode MPASI, buah dan sayuran memang menjadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah untuk menjadi asupan pendamping. Pasalnya, buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral, yang baik untuk si kecil. Salah satunya adalah tomat. Meski kerap dihindari karena dikhawatirkan bisa membuat si kecil tersedak, nyatanya tomat mengandung banyak manfaat.

manfaat tomat untuk si kecil

manfaat tomat untuk si kecil

Tomat bisa mulai dikonsumsi sejak bayi memasuki usia delapan bulan ke atas. Sebab di usia tersebut, usus bayi sudah bisa mencerna kandungan asam dari tomat. Dan agar lebih mudah dikonsumsi, tomat sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu, lalu dimasak hingga matang. Sebagai penambah rasa, bisa juga ditambahkan unsalted butter, keju, atau bawang putih.

Lantas, apa saja sih manfaat tomat untuk si kecil? Simak detailnya:

  1. Memenuhi kecukupan vitamin A. Tomat mengandung vitamin A yang sangat kaya sehingga bisa menjadi sumber vitamin untuk si kecil. Vitamin A sendiri berfungsi untuk mendukung kesehatan mata.
  2. Mengandung antioksidan. Selain vitamin, tomat juga mengandung antioksidan yang tinggi. Dengan demikian, si kecil akan selalu terlindungi dari radikal bebas.
  3. Memperkuat pertumbuhan tulang. Agar si kecil semakin kuat dan lincah, vitamin K sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulangnya. Untuk itu, mengonsumsi tomat secara rutin bisa membantu tumbuh kembangnya.
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh. Tomat juga berfungsi untuk membantu mendukung imunitas anak. Sejak kecil, masalah imunitas atau kekebalan tubuh memang harus diperhatikan, dengan demikian selalu penuhi asupan gizi bayi dengan makanan yang bergizi.
  5. Menghindarkan dari anemia. Terakhir, tomat juga bisa membantu menghindarkan bayi dari anemia. Pasalnya, tomat mengandung asam folat yang bisa mencegah risiko anemia.

Itu dia beberapa manfaat sehat tomat untuk si kecil. Mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk memberikan tomat pada si kecil, ya! Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *