Melatih Bayi Berenang Ternyata Banyak Manfaatnya

Terkadang mengajak anak kecil yang belum bisa berenang ke wahana bermain air di jakarta memang agak riskan. Kita perlu mengawasinya dengan ketat agar ia tidak berenang di kolam yang terlalu dalam. Namun jika sang anak sudah bisa berenang, setidaknya kita sudah bisa agak lega karena risiko tenggelam dapat terminimalisir. Sayangnya, masih banyak orang tua di Indonesia yang belum sadar betapa pentingnya melatih anak berenang sejak dini, bahkan semenjak masih bayi. Padahal, melatih anak berenang sejak dini dapat membawakan manfaat seperti di bawah ini.

manfaat melatih bayi berenang

manfaat melatih bayi berenang

 

  • Baik Dari Segi Emosional

Menurut penelitian di Amerika, mengajarkan bayi berenang dapat meningkatkan kesehatan secara emosional. Berenang dapat memperbaiki suasana hati dan mengurangi kecemasan. Selain itu, mengajarkan berenang juga akan memperkuat bonding di antara keluarga. Jadi secara keseluruhan, berenang sangat baik untuk kesejahteraan emosional sang bayi.

  • Meningkatkan Kemampuan Motorik

Sejak bayi, kemampuan motorik perlu dilatih dengan metode yang tepat. Nah, berenang merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kemampuan motoriknya. Dengan berenang, sang bayi akan belajar untuk mengatur gerak dan keselarasan seluruh anggota tubuh. Maka secara tidak langsung kita bisa menstimulasi perkembangan motorik bayi sehingga dapat mencegah kemungkinan bayi mengalami keterlambatan perkembangan motorik.

  • Mengasah Kemampuan Kognitif

Selain motorik, berenang tentunya juga dapat melatih kemampuan kognitif si kecil. Saat melatihnya berenang, bayi akan berusaha mengontrol gerakannya agar tidak tenggelam. Hal ini akan memicu perkembangan pola pikir bayi sehingga fungsi kognitifnya berkembang dan pandai.

  • Mencegah Berbagai Penyakit

Dari segi kesehatan, berenang sejak bayi juga dapat membuatnya terhindar dari berbagai penyakit. Misalnya saja seperti arthritis dan asma karena dengan berenang, berarti si kecil sudah mendapatkan sejumlah latihan kecil yang dapat mengurangi risiko penyakit tersebut. Selain itu, berenang juga dapat mencegah bayi mengalami obesitas. Apalagi, berenang tidak menaruh beban pada jaringan ikat, sehingga gerakan si kecil di dalam air dapat membuatnya lebih mudah berolahraga.

Nah, sekarang sudah tahu kan, apa saja manfaat melatih bayi berenang? Maka dari itu, jangan khawatir untuk melatih bayi berenang. Akan tetapi, pastikan pelatih terpercaya dan sudah profesional, ya Moms! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *