Ternyata, Daun Katuk Sangat Bermanfaat Bagi Ibu Hamil (1)

Bolehkah daun katuk dikonsumsi ibu hamil? Tentu jawabannya boleh, sebab daun yang kaya akan manfaat ini menyimpan nutrisi yang memang sangat dibutuhkan ibu hamil selama periode kehamilan. Misalnya seperti; vitamin A, lemak baik, vitamin B, kalsium, fosfor, zat besi, dan mineral. Nutrisi inilah yang dapat membantu menjaga kehamilan agar tetap sehat. Di samping itu, daun ini juga bisa memperbanyak ASI, sehingga tidak heran jika daun katuk untuk ibu menyusui ini sangat dianjurkan untuk rutin dikonsumsi.

Khasiat daun katuk untuk ibu hamil

Khasiat daun katuk untuk ibu hamil

Bicara mengenai daun katuk, terdapat beberapa manfaat daun katuk untuk ibu hamil yang wajib untuk diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tekanan darah stabil. Selain bermanfaat untuk memperkuat tulang, kalsium yang terdapat pada daun katuk ini pun dapat pula membantu menjaga agar tekanan darah di dalam tubuh ibu hamil tetap stabil. Sebab jika tidak stabil, maka ibu hamil lebih berisiko diserang tekanan darah tinggi yang bisa membahayakan tubuh dan janin yang berada di dalam rahim. Untuk mencegah kondisi ini, rutinlah mengonsumsi daun katuk ini ketika hamil.
  • Kesehatan mata terjaga. Tingginya kandungan vitamin A yang terdapat di dalam daun katuk ini ternyata dapat membuat mata tetap sehat meskipun jarang mengonsumsi obat untuk mata sehat. Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil untuk meminum minuman dari daun katuk ini.
  • Anemia bisa teratasi. Selama hamil, ibu hamil sangat rentan terhadap serangan anemia. Anemia sendiri merupakan penyakit berbahaya yang menyerang tubuh ibu hamil akibat dari tubuh kekurangan asupan darah merah. Jika darah kurang, tentu bisa berakibat fatal pada janin maupun tubuh ibu hamil itu sendiri. Untuk menghindari penyakit ini maka ibu hamil sangat disarankan untuk meminum air rebusan dari daun katuk ini, karena di dalamnya tersimpan zat besi yang dapat mencegah munculnya anemia tersebut.
  • Racun di dalam tubuh dibuang dengan sangat baik. Daun katuk sendiri mengandung senyawa klorofil yang berfungsi untuk membuang segala racun yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Baik itu, parasit, bakteri, kuman, dan sebagainya.

Itulah beberapa manfaat daun katuk untuk kesehatan ibu hamil. Tunggu, masih banyak loh khasiat lain dari daun katuk ini, jangan lupa baca di bagian duanya, ya! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *