Manfaat dan Efek Buruk dari Gadget untuk Si Kecil

Tidak bisa dipungkiri lagi bila faktanya anak-anak yang lahir dan tumbuh pada era digital ini akan rentan untuk kecanduan gadget. Bagaimana tidak, pasti banyak orang tua yang memberikan gadget kepada anak sejak usia dini sebagai salah satu cara alternatif untuk menghibur anak selain mengajaknya bermain ke arena hiburan keluarga. memang, penggunaan gadget ini memberikan keuntungan tersendiri untuk si kecil, namun tidak selamanya apapun yang diberikan secara berlebihan akan membuahkan hasil yang baik juga. Membiarkan anak untuk mengonsumsi gadget sejak usia dini memiliki keuntungan dan keburukannya tersendiri. Namun, apa saja sih pengaruh gadget pada tumbuh kembang anak? Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui manfaat hingga efek buruk yang diberikan gadget untuk si kecil.

anak main gadget

anak main gadget

  1. Memudahkan proses belajar

Manfaat gadget yang pertama adalah mempermudah proses belajar. Dengan menggunakan gadget yang banyak menyediakan game dan video edukatif, si kecil dapat mempelajari hal-hal dasar dengan cara yang menyenangkan karena tampilannya yang unik dan menarik.

  1. Interaktif

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, gadget dapat menyediakan video-video edukatif yang biasanya bersifat interaktif sehingga dapat menarik hati si kecil untuk menyanyi dan menari Bersama. Dengan begini, si kecil menjadi tidak malas untuk bergerak walaupun sedang bermain gadget.

  1. Kurang sosialisasi

Setiap kegiatan yang diberikan kepada anak secara berlebihan juga dapat membuahkan hasil yang tidak baik. Salah satu efek buruk dari memberikan si kecil gadget secara terus menerus adalah kemungkinan si kecil untuk menjadi pribadi yang kurang bersosialisasi. Pengaruh gadget yang buruk ini tentunya tidak boleh dibiarkan karena si kecil seharusnya membutuhkan kemampuan bersosialisasi dan bekerja sama dalam tim di kehidupannya sehari-hari.

  1. Agresif

efek buruk dari gadget yang selanjutnya adalah kemungkinan si kecil menjadi anak yang agresif karena sering mengonsumsi konten yang seharusnya tidak dilihatnya di gadget. Konten-konten seperti game atau tontonan yang berisi kekerasan tanpa pengawasan orang tua pastinya akan memberikan pengaruh buruh pada pola pikir anak.

Itu dia beberapa efek buruk dan manfaat yang didapat dari penggunaan gadget oleh si kecil. Jangan lupa juga untuk selalu mendampinginya selama kegiatan bermain gadget ini berlangsung. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *