Malas Ganti Minyak Rem, Ini Dampaknya!

Ganti oli motor merupakan salah satu perawatan yang seolah wajib dilakukan oleh para pemilik kendaraan roda dua ini. Ada yang memilih untuk melakukannya di bengke karena tidak tahu caranya atau malas ribet, tetapi banyak juga yang merasa malas pergi ke bengkel sehingga memilih untuk melakukannya sendiri di rumah. Perawatan ini dianggap sangat penting karena secara langsung mempengaruhi performa motor sehingga mereka merasa terganggu jika oli motor yang digunakan sudah tidak lagi bekerja maksimal.minyak rem

Namun sebenarnya, selain oli mesin untuk motor, minyak pelumas rem juga menjadi hal yang wajib diganti secara berkala. Jika tidak, beberapa dampak ini bisa terjadi pada Anda dan motor Anda, yaitu:

  • Mempercepat kerusakan komponen motor

Minyak rem yang masih dalam kondisi baik akan mampu melumasi semua komponen yang berkaitan dengan sistem pengereman secara maksimal. Ketika minyak rem sudah mulai bermasalah, maka akan membuat sistem pelumasan ini menjadi tidak maksimal. Tidak hanya itu saja, minyak rem yang sudah tidak bagus dapat menyebabkan terjadinya kebocoran sehingga mengenai berbagai komponen lain. Kebocoran ini bisa terjadi akibat adanya rembesan yang keluar dari kaliper rem. Nah, jika sudah begini Anda tidak bisa hanya mengganti minyak rem saja. Anda harus mengganti kaliper rem terlebih dahulu dan barulah mengganti minyak rem dengan yang baru.

  • Meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan

Sistem pengereman merupakan bagian yang sangat penting terhadap keselamatan dalam berkendara. Sangat banyak sekali kecelakaan yang terjadi akibat rem tidak bekerja maksimal atau bahkan blong. Nah, salah satu penyebab mengapaa sistem ini tidak berfungsi adalah ketika minyak rem yang digunakan sudah tidak bagus. Padahal kecelakaan yang terjadi akibat masalah pengereman ini sangatlah parah dan bisa menimbulkan korban jiwa.

Sayangnya, tidak ada indikator secara langsung yang dapat menginformasikan Anda bahwa kualitas minyak rem sudah tidak bagus. Namun Anda bisa mengetahuinya dari proses pengereman yang Anda lakukan saat berkendara. Misalnya ketika Anda melakukan pengereman dan merasa tidak lagi terlalu pakem seperti sebelumnya, maka ada baiknya Anda mulai mengecek kondisi motorĀ  Anda. Jika minyak rem masih dalam kondisi bagus, maka tidak ada salahnya jika melakukan pengecekan pada komponen lain yang berkaitan dengan sistem pengereman. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *