Makanan Khas Bali yang Wajib Dicicipi

Liburan ke Bali tak hanya soal pantai dan juga budayanya yang kaya. Liburan ke Bali berarti mencicipi kuliner khas yang berlimpah di sekitar sunset road hotel Bali. Yap, ada banyak sekali makanan khas Bali yang harus kamu cicipi selama berlibur di Bali. Berikut daftarnya:

Sate Lilit

Sate Lilit, (gambar:travelwithbender)

Ayam betutu

Satu kuliner yang sama sekali tak boleh dilewatkan saat kamu berkunjung ke Bali adalah ayam betutu! Tak sulit untuk menemukan seporsi ayam betutu di Bali, karena kamu bisa menemukannya di seluruh penjuru pulau ini. Ayam betutu sendiri merupakan ayam kampung yang dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang dengan bara api. Yang menarik, bumbu rempah-rempah yang digunakan untuk memasak disimpan di dalam perut ayam sehingga rasa yang dihasilkan lebih gurih dan nikmat. Wajib coba, nih!

Sate lilit

Selain ayam betutu, kuliner lain yang tidak boleh dilewatkan adalah sate lilit. Sesuai dengan namanya, sate lilit ini memang disajikan dengan cara dililit pada batang daun serai atau tangkai bambu. Biasanya, sate lilit terbuat dari daging ikan tenggiri, daging ayam, ataupun daging babi yang kemudian dicincang halus dan diberi bumbu rempah-rempah. Setelahnya, barulah olahan daging ini dililitkan dan dimasak hingga matang. Rasanya gurih dan bertekstur lembut.

Nasi Tepeng

Pernah dengar nasi tepeng? Kalau belum, maka kamu harus coba nih jika berkunjung ke Bali. Nasi tepeng merupakan kuliner yang berasal dari daerah Gianyar. Tak seperti tekstur nasi pada umumnya, nasi tepeng ini menggunakan nasi lembek meski tak selembek bubur. Biasa disajikan dengan kelapa parut, nangka muda, terong, kacang panjang, suwiran ayam goreng, dan juga rempah bumbu Bali yang disiram di atasnya. Wah, super nikmat dan pedas!

Lawar

Lawar adalah masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara merata yang berasal dari Bali. Makanan ini lazim disajikan dalam rumah tangga di Bali atau dijual secara luas di rumah-rumah makan dengan sebutan lawar Bali. Lawar dibuat dari daging yang dicincang, sayuran, sejumlah bumbu-bumbu dan kelapa. Biasanya, lawar disajikan dengan sate lilit, nasi putih, suwiran ayam betutu, dan juga kacang tanah.

Itu dia beberapa kuliner yang tidak boleh dilewatkan saat menginap di Bali. Semoga membantu dan selamat wisata kuliner!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *