Serba-Serbi 9 Mahkota dalam Ajang Miss Universe (I)

Miss Universe yang juga dikenal sebagai kontes putri sejagad merupakan ajang tertinggi dalam kontes kecantikan. Setiap negara berlomba-lomba untuk mengirimkan perwakilan terbaiknya demi menyabet piala Miss Universe. Indonesia sendiri yang sering mengadakan kontes kecantikan seperti Puteri Indonesia atau Kontes Putri Purbasari, misalnya, terus menerus mengirimkan perwakilannya untuk ajang ini.

Nah, tahukah kamu bahwa mahkota yang disematkan pada setiap pemenang Miss Universe ini ternyata mengalami perubahan dari tahun ke tahun? Cek serba-serbinya dalam daftar berikut:

Mahkota Miss Universe

Mahkota Miss Universe

  1. The Romanov Imperial nuptial crown – 1952. Mahkota ini merupakan mahkota pertama dan hanya digunakan oleh pemenang Miss Universe pertama yakni Armi Kuusela. Mahkota yang dipersembahkan merupakan replika dari miniatur mahkota yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II dari Inggris. Mahkota tersebut diberi perhiasan pada dasar beludru dan dipakai di kepala dengan cara diikat menggunakan pita putih.
  2. The Metallic Bronze crown – 1953. Sama halnya dengan mahkota pertama yang hanya digunakan oleh Miss Universe pertama, mahkota kedua pun demikian. Mahkota ini hanya digunakan oleh Christiane Martel yang keluar sebagai juara di ajang Miss Universe kedua. Mahkota dihiasi dengan miniatur mahkota emas kecil berbahan logam, dengan lima puncak di atasnya yang dilengkapi dengan bola kecil sementara bagian puncak pusat dilengkapi dengan ornamen terang kecil.
  3. Star of the Universe – 1954 – 1960. Mahkota di tahun ini memiliki bentuk tipis dan dihiasi dengan berlian serta mutiara. Bagian strukturnya memiliki sepuluh puncak, masing-masing lima di setiap sisi, dengan hiasan mutiara di bagian puncak. Untuk bagian puncak mahkota, terdapat bintang terbit sebagai penghias set.

    Mahkota miss universe 2

    Mahkota miss universe 2

  4. The Rhinestone crown – 1961 – 1962. Mahkota ini digunakan selama dua tahun yakni pada 1961 dan 1962. Dengan struktur halus dan simetris dengan desain yang sedemikian rupa, mahkota ini merupakan lambang klasik untuk pemenang ratu kecantikan.
  5. The Sarah Coventry crown – 1963 – 2001. Mahkota kelima ini merupakan mahkota terlama yang pernah digunakan oleh ajang kecantikan Miss Universe ini. Sejak tahun 1963 hingga 2001, mahkota yang digunakan tetap sama. Mahkota ini memiliki desain tipis dan bergelombang dengan logo Miss Universe di bagian pusat. Logo ini kemudian dihilangkan di tahun 1997 dan bentuk mahkotanya pun mengalami perubahan minor.

Sejarah penggunaan mahkota di Miss Universe masih belum selesai. Untuk membaca kelanjutannya, silakan baca bagian berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *