Serba-Serbi 9 Mahkota dalam Ajang Miss Universe (II)

Miss Universe merupakan salah satu kontes kecantikan yang sudah berdiri sejak lama. Sejak pertama kali diselenggarakan hingga saat ini, sudah terjadi beberapa perubahan baik di korporasinya hingga di mahkota yang digunakan oleh para pemenang. Perubahan memang merupakan hal yang tak bisa dihindarkan untuk mencapai tujuan tertinggi. Hal ini pun tak bisa dielakkan bahkan untuk kontes kecantikan nasional seperti Puteri Indonesia atau Kontes Putri Purbasari sekali pun. Nah, sebelumnya sudah dibahas tentang beberapa perubahan desain mahkota pada pemenang Miss Universe. Simak kelanjutannya dalam artikel berikut ini.

Mahkota Miss Universe

Mahkota Miss Universe

  1. The Mikimoto Crown (2002 – 2007). Mahkota ini pertama kali digunakan pada tahun 2002 dan terakhir dipakai pada tahun 2007. Terbuat dari berlian 18 karat dengan 120 mutiara berkualitas tinggi, mahkota ini dibanderol dengan harga $ 250.000. Nama mahkota ini adalah Phoenix, namun publik lebih mengenalnya dengan nama Mikimoto.
  2. CAO Fine Jewelry Crown (2008). Mahkota ini hanya digunakan satu kali, yakni di tahun 2008 saja. Hadir dengan balutan emas putih dan emas 18 karat serta dilengkapi dengan seribu batuan berharga seperti berlian, kuarsa, dan permata, harga mahkota ini mencapai $ 120.000. Mahkota Miss Universe ini dirancang oleh perusahaan perhiasan Rosalina Tran Lydster dan Dang Thi Kim Lien dari CAO Fine Jewelry, Vietnam.
  3. Peace Crown by Diamond Nexus Labs (2009 – 2013). Ada kisah menarik terkait dengan mahkota kedelapan dari Miss Universe ini. Mahkota yang digunakan dari tahun 2009 hingga 2013 ini merupakan mahkota yang dipilih langsung oleh pengguna internet di seluruh dunia. Pada saat itu, Organisasi Miss Universe menugaskan Nexus Labs, sebuah perusahaan berlian untuk membuat mahkota yang diberi nama Peace, Unity, dan Hope. Dari ketiga desain tersebut, yang mendapatkan voting suara terbanyak adalah Hope. Dengan demikian pemenang Miss Universe di tahun tersebut menggunakan mahkota Hope (Harapan).
  4. The DIC Crowns (2014). Mahkota ini merupakan mahkota terbaru dari Miss Universe yang diproduksi oleh Diamond International Corporation (D.I.C), sebuah perusahaan permata dari Republik Ceko. Mahkota ini konon terinspirasi dari gedung pencakar langit New York yang mengesankan. D.I.C menggunakan 33 batuan alam, 5 batu topaz berwarna biru 18,6 karat, 198 batu safir berwarna biru tua 29,7 karat, serta 311 permata kecil 10,37 karat. Berat mahkotanya sendiri mencapai 411 gram dengan harga $300,000.

Itu dia sejarah penggunaan mahkota dalam ajang Miss Universe sejak pertama berdiri hingga saat ini. Bagaimana menurutmu? Desain mahkota mana yang paling kamu suka? Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *