Ternyata, Madu Bisa Membantu Mengurangi Asam Lambung

Untuk kamu yang mengidap sakit maag dan bahkan sudah parah, mengonsumsi obat maag kronis mungkin sudah menjadi keharusan. Bahkan tidak hanya itu, menemui dokter untuk penanganan lebih lanjut pun harus dilakukan agar sakitnya tidak semakin parah. Namun demikian, bagaimana halnya dengan kamu yang baru mengalami gejala sakit maag dan sering merasa mual? Apa tindakan yang harus dilakukan?

Well, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi asam lambung. Mulai dari rajin minum air putih, mengurangi konsumsi makanan berlemak serta berminyak, makan sedikit tapi sering, hingga mengonsumsi obat herbal. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengonsumsi madu untuk membantu mengurangi kadar asam lambungnya, lho.

Madu untuk mengurangi asam lambung

Madu untuk mengurangi asam lambung

Ya, tidak banyak yang tahu kalau madu tak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga mampu mengatasi sakit maag. Pasalnya, viskositas madu ternyata bisa mengurangi gejala asam lambung. Madu mengandung gula alami yang bisa menjadi obat serta antibakteri, sehingga bisa melindungi lambung serta saluran cerna. Dilansir dari Livestrong, mengonsumsi madu secara rutin bisa membuat kamu terhindar dari rasa mual karena maag. Sebab madu akan membantu refleks asam yang menyebabkan mual dan juga mengatasi iritasi di area kerongkongan. Bukan hanya sakit maag saja, khasiat yang diberikan oleh madu juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan GERD. Jadi, bagi Anda yang menderita GERD yang tak kunjung sembuh meski telah mengonsumsi obat, cobalah konsumsi madu yang dapat mengurangi gejala asam lambung dan meredakan iritasi di area kerongkongan.

Untuk cara pengolahannya pun sangat mudah. Kamu tinggal mencampurkan madu dengan air hangat lalu meminumnya secara rutin entah itu di pagi hari atau malam hari. Cairan ini akan memperbaiki lapisan lambung yang luka dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan sifat antibakterinya. Atau kamu juga bisa juga menjadikan madu sebagai bahan saus untuk buah yang kaya serat sebagai camilan sehatmu. Jika suka mengonsumsi madu secara langsung juga diperbolehkan.

Selain mengonsumsi madu, kamu tentu harus mengimbanginya dengan pola makan yang rutin dan tidak boleh melewatkan waktu makan. Jika kamu merasa mual saat hendak makan, bisa diakali dengan cara mengonsumsinya sedikit demi sedikit yang penting ada makanan masuk ke dalam perut. Dengan demikian, cara di atas bisa secara efektif membantu mengatasi maag. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *