Ini Macam-macam Mentega yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum ke toko bahan kue, alangkah baiknya cari tahu dulu apa sebenarnya mentega atau butter itu? Sering kali kita salah membeli dan keliru dengan bahan ini sehingga kerap tidak terpakai. Nah, tahukah Anda, mentega tidak hanya bisa diolesi pada roti saja, tapi juga dapat diolah menjadi resep appetizer, main course, hingga dessert. Namun demikian, mentega sendiri ternyata terdiri atas banyak jenis, lho, berikut di antaranya:

Jenis mentega

Beragam jenis mentega

  1. Salted butter

Mentega ini memiliki kandungan garam, sehingga rasanya yang asin. Jenis ini paling dikenal oleh masyarakat, digunakan untuk mengoles roti atau martabak, sebagai salah satu bahan utama pembuat kue, atau biasa juga digunakan untuk menumis dan menggoreng sehingga terasa lebih gurih dan wanginya yang menggoda.

  1. Unsalted butter

Jenis ini tak memiliki kandungan garam sehingga tidak asin. Mentega tawar ini, mengandung 80% lemak susu, yaitu elemen lemak yang terkandung dalam susu dan dipisahkan untuk membuat krim sehingga lebih creamy. Mentega ini tetap bisa digunakan untuk membuat macam-macam sajian kuliner. Namun biasanya digunakan untuk tambahan menumis pada makanan bayi dan anak karena memberikan lemak pada anak. Serta wanginya yang harum juga menambah selera makan sang anak.

  1. Organic butter

Pada umumnya, mentega ini sama dapat dibuat untuk berbagai kuliner, namun mentega organic ini memiliki cara yang berbeda dalam pembuatannya. Para sapi ternak ini tidak diberi antibiotik atau hormon pertumbuhan, makanannya pun rumput organik yang dirawat tanpa pemakaian pestisida atau pupuk sintesis. Mentega organik ini juga tersedia dalam pilihan salted dan unsalted. bagi Anda yang sedang menjalankan hidup sehat, pas menggunakan mentega organik ini untuk kue Anda.

  1. Whipped butter

Dalam mentega ini terdapat kandungan gas atau udara lain seperti nitrogen. Hal ini dapat membuat mentega tersebut kurang memiliki tingkat kepadatan dari jenis mentega biasanya. Tingkat kalorinya pun juga rendah dan teksturnya juga sangat ringan. Mentega ini sangat cocok untuk dioles pada roti bakar, namun kurang cocok untuk jadi olahan kue atau untuk memasak.

  1. European Style Butter

Mentega ini mengandung banyak lemak susu, yakni sekitar 82% sampai 85%. Terbuat dari krim fermentasi, European-Style Butter juga dapat digunakan untuk berbagai jenis masakan.

  1. Light Butter

Kalori mentega ini sangat rendah sekitar 50% dibanding mentega biasa. Kandungan lemak susunya sangatlah rendah, yaitu 40%. Lalu, terdapat komposisi lain yang terkandung pada mentega ini seperti air, asam laktis, dan lainnya. Mentega ini tak direkomendasikan untuk membuat kue yang dipanggang atau juga memasak.

Nah beberapa mentega tersebut bisa juga Anda gunakan untuk membuat berbagai kue kering, salah satunya adalah nastar. Seperti diketahui, nastar kerap kita jumpai saat Lebaran maupun Natal. Namun demikian, apakah Anda tau asal usul dari kue nastar ini? Ternyata, kue kering satu ini merupakan evolusi dari kue pie atau tart yang berasal dari benua Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *