Liburan ke Surabaya? Jangan Lupa Kunjungi Museum Ini!

Selain mengunjungi wisata terkenal, ketika berlibur ke Surabaya pernahkah kamu berwisata museum? Hmm, kalau ditanya, pasti jawabannya jarang, kan? Padahal, berwisata museum sangat bermanfaat untukmu, loh. Kamu bisa mengetahui sejarah dari kota Surabaya dan juga bisa berfoto dengan latar museum yang menyuguhkan nuansa sangat artsy sehingga dijamin membuat feed Instagram-mu terlihat makin keren. Tertarik? Langsung deh liburan ke Surabaya dan menginap di salah satu hotel di Gubeng Surabaya.

museum di Surabaya

museum di Surabaya

Berikut merupakan beberapa museum yang bisa kamu kunjungi di Surabaya:

  1. Museum W.R. Soepratman.

Seperti namanya, museum ini didedikasikan untuk pencipta lagu kebangsaan Indonesia, yakni W.R. Soepratman. Museum satu ini terletak di Jl. Mangga No. 21, Tambaksari, Surabaya. Di museum ini, kamu bisa melihat patung W.R. Soepratman yang sedang bermain di biola di halaman museum dan berbagai hasil karya ciptaannya. Namun demikian, tahukah kamu, sebenarnya museum ini merupakan rumah kakak kandung W.R Soepratman yang ditempati sampai akhir hayat setelah melarikan diri dari kejaran Belanda karena menciptakan lagu Indonesia Raya.

  1. Museum Sepuluh November.

Berada di kompleks Tugu Pahlawan, Museum Sepuluh November didirikan untuk mengenang peristiwa 10 November yang terjadi di Surabaya. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai benda peninggalan perang seperti diorama, patung perjuangan arek-arek Suroboyo, foto dokumenter, hingga mendengarkan pidato asli Bung Tomo. Lokasi dari museum adalah di Jl. Pahlawan, Alun-Alun Contong, Bubutan, Surabaya.

  1. Museum Surabaya.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Museum Surabaya yang berlokasi di Jl. Tunjungan No. 1, Genteng, Surabaya. Museum ini didirikan di atas sebuah gedung bernama Siola yang sudah berdiri sejak tahun 1877. Di museum satu ini, kamu mendapatkan informasi mengenai sistem pemerintahan kota Surabaya dari zaman kolonial Belanda sampai sekarang, berbagai artefak, hingga beragama kendaraan tempo dulu.

  1. Museum TNI AL Loka Jala Crana.

Berbeda dengan beberapa museum sebelumnya, museum ini dikhususkan untuk tempat penyimpanan berbagai peralatan TNI AU Indonesia. Mulai dari; kendaraan tempur, alusista (alat utama sistem pertahanan), planetarium, sarana perang, hingga astronavigasi. Museum ini berada di Akademi TNI Angkatan Laut, Jl. Moro Krembangan, Bumimoro, Kecamatan Krembangan, Surabaya.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik berwisata museum di Surabaya? Selamat liburan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *