Liburan Ke Korea Selatan Sendirian, Mudah Kok!

Siapa sih yang tidak mengenal negeri Gingseng, Korea Selatan? Negara yang juga terkendal dengan dramanya yang mendayu-dayu serta musik K-Pop dengan fans di seluruh dunia ini memang wajib banget dijadikan destinasi wisatamu. Nah, buat kamu yang berencana liburan ke Korsel seorang diri, jangan khawatir berikut ini beberapa tips yang bisa membantumu, mulai dari membuat itinerary hingga perlunya asuransi perjalanan ke luar negeri saat mengunjunginya.

Membuat Visa

Proses pengajuan visa untuk Korea Selatan sebenarnya tidak terlalu sulit, jadi kalau kamu ingin mengurusnya sendiri pun bisa-bisa saja. Yang penting, semua persayaratannya lengkap dan sesuai. Kamu bisa melihat persyaratan pengajuan Visa Korsel dengan mengunjungi langsung situs Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia.

Membuat Itinerary

Sesuaikan destinasi kunjunganmu di Korea Selatan dengan lamanya waktu liburanmu. Dua destinasi wisata yang wajib kamu datangi tentu saja Seoul dan Busan. Di Seoul kamu bisa menikmati wisata belanja di sekitar daerah Myeongdong dan Universitas Ehwa, mengunjungi istana sambil mengenakan Hanbeok, melihat Seoul dari N Seoul Tower, atau melihat oppa-oppa ganteng main musik di Hongdae. Sementara di Busan, kamu bisa menikmati pantai Haendai atau Gwangali, serta menikmati sajian seafood yang menjadi ciri khasnya.

Bagaimana dengan Jeju? Transportasi di pulau ini tidak selengkap Busan dan Seoul, minimal kamu harus menyewa mobil atau taxi seharian bila ingin menikmati keindahannya. Karena itu, tidak disarankan bila kamu berangkat sendirian ke Korea Selatan.

liburan ke korea selatan

liburan ke korea selatan

 Jangan takut tersasar

Komunikasi biasanya menjadi salah satu kendala saat berjalan-jalan ke luar negeri. Nah, untungnya Korea Selatan sangat sadar dengan pentingnya komunikasi ini, di daerah wisata seperti Seoul misalnya, terdapat polisi pariwisata khusus yang dapat menjawab semua pertanyaanmu. Sementara kalau tidak menemukan polisi wisata, kebanyakan anak muda di Korsel sudah fasih berbahasa Inggris dan sangat membantu wisatawan.

Kenali sistem transportasi

Di Korea terdapat 3 jenis moda transportasi yang bisa kamu gunakan, kereta subway, bis, dan taksi. Kereta subway merupakan pillihan paling umum karena lebih cepat mencapai tujuan. Namun, kamu harus benar-benar menghapalkan nama stasiun serta pintu keluar ke tujuan wisatamu bila tidak ingin memakan waktu lama.

Semantara untuk bis, beberapa tujuan wisata memang lebih mudah dicapai dengan bis namun kamu tidak boleh lengah. Halte di Korsel jarang dilengkapi dengan huruf latin, sehingga bisa saja kamu tidak melewatinya.

Makanan

Soal makanan, bisa dibilang Korea Selatan adalah surganya makanan kaki lima dengan harga murah dan porsi yang besar. Restoran dan cafe di sana menawarkan makanan dengan porsi besar dan harga yang tentunya lebih mahal, namun worth it. Nah, buat kamu yang muslim jangan khawatir, sudah banyak restoran halal yang bisa kamu temui, misalnya saja beberapa restoran kulliner halal di Nami Island atau disekitar Myeongdong.

Jangan malu minta tolong foto

Jalan-jalan sendirin berarti kamu harus siap minta tolong orang lain untuk memfoto dirimu dengan objek wisata. Jangan sampai kamu tidak memiliki foto dengan background indah sebagai kenang-kenangan hanya karena malu meminta foto ya.

Asuransi perjalanan luar negeri

Nah, satu ini penting kamu miliki kalau bepergian ke luar negeri terutama bila kamu tidak memiliki asuransi pribadi yang mengcover perjalananmu. Asuransi semacam ini sifatnya hanya sementara selama masa perjalanamu saja, jadi jangan takut harus membayar premi dalam waktu yang lama. Namun, hati-hati, jangan asal membeli asuransi perjalanan, pilihlah dari perusahaan yang sudah terpercaya.

Nah, itu tadi beberapa tips buat kamu yang ingin solo travelling alias liburan sendirian ke Korea Selatan. Semoga membantu ya! (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *