Li-Fi, Teknologi Baru di Dunia Internet

Istilah Wi-Fi tentunya sudah sangat melekat di luar kepala. Bagaimana tidak, ke mana pun kamu pergi, kini kamu bisa dengan mudah menemukan jaringan Wi-Fi. Bahkan, di rumah pun kamu menggunakan Wi-Fi untuk mengoperasikan semua perangkat agar terhubung dengan internet. Nah, bicara soal Wi-Fi, pernahkah kamu mendengar tentang Li-Fi? Belum? Wah, padahal teknologi ini sedang banyak diperbincangkan di dunia internet, lho. Sebab jika teknologi Li-Fi sudah bisa kita nikmati, tidak perlu lagi deh mencari tempat jual router wifi. Kenapa? Simak liputan lengkapnya, ya.

Teknologi Li-Fi Internet

Teknologi Li-Fi Internet

Apakah Li-Fi itu?

Li-Fi merupakan singkatan dari Light Fidelity. Light Fidelity sendiri merujuk pada alur data berkecepatan tinggi berbasis nirkabel dalam spektrum cahaya terlihat (visible light spectrum) berupa lampu LED. Lampu LED digunakan sebagai medium sebab teknologi Li-Fi ini menghasilkan pencahayaan dengan level tinggi dan membutuhkan semi konduktor untuk memodulasi ribuan sinyal secara konstan pada area yang tercakup.

Hal ini tentunya berbeda dengan jaringan Wi-Fi yang mengandalkan gelombang radio untuk transmisi alur data sebab Li-Fi mengandalkan cahaya untuk prosesnya. Nah, karena mengandalkan cahaya, Li-Fi ini ditengarai memiliki kecepatan internet 100 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan Wi-Fi. Tidak hanya itu, kecepatan transfernya pun bisa mencapai 1GB per detik, berbeda dengan kecepatan Wi-Fi yang hanya 600MB per detik.

Sebuah perusahaan startup asal Estonia yakni Velmenni dikabarkan telah menjajal teori kecepatan internet Li-Fi. Uji coba tersebut dilakukan di beberapa kantor, laboratorium, dan juga lingkungan industri di ibukota Estonia. Hasilnya, kecepatan internet yang dihasilkan dari teknologi ini mencapai 824 MB per detik! Tentunya, kecepatan ini akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya teknologi. Wah, dengan internet secepat ini, bukan tidak mungkin jika di beberapa waktu ke depan kita bisa mengunduh film berkualitas tinggi hanya dengan satu menit atau bahkan hitungan detik saja!

Hingga saat ini belum ada informasi resmi apakah teknologi Li-Fi ini akan segera diterapkan secara luas atau tidak. Kita doakan saja semoga bisa segera terjadi! (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *