Laptop Cepas Panas? Begini Tips Mengatasinya!

Kamu pasti pernah mengalami laptop yang tiba-tiba lemot (lagging) akibat overheating. Nah, melansir dari IDNtimes, masalah overheating memang seringkali terjadi pada laptop, lantaran perangkat pintar tersebut dilengkapi dengan berbagai prosesor, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan lain sebagainya. Salah satu penyebabnya adalah karena aliran udara dalam mesin laptop kurang memadai sehingga membuatnya lebih cepat panas.

laptop cepat panas

laptop cepat panas

Namun demikian, kamu tetap bisa kok mengatasi masalah overheating ini dengan melakukan beberapa hal berikut, check it out:

  1. Letakkan laptop di permukaan keras

Salah satu cara yang bisa dicoba untuk mencegah overheating pada laptop adalah dengan meletakkannya di permukaan keras yang terbuat dari plastik, logam, hingga kayu. Menurut hasil lansiran, laptop menyedot udara dari bagian bawah sebagai bentuk pendinginan. Permukaan keras tersebut bisa membantu melancarkan penyedotan sehingga membuat laptop tak lagi mengalami overheating.

  1. Tinggikan bagian belakang laptop

Selain menaruh laptop di permukaan yang keras, cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah overheat adalah dengan meninggikan bagian belakang laptop. Caranya? Cukup dengan menaruh buku ataupun benda lainnya tepat di bagian engsel pembuka laptop, dengan begini maka sistem pendingin pada laptop bisa bekerja dengan maksimal dan tidak akan menyebabkan overheat.

  1. Tidak memangku laptop saat digunakan

Siapa sangka, kebiasaan memangku laptop di atas paha bisa menyebabkan overheating, loh. Kok, bisa? Yap, ini terjadi karena kulit maupun pakaian yang digunakan membatasi udara masuk ke bagian sistem pendingin laptop sehingga membuatnya lebih cepat panas. Di samping itu, dengan menaruh laptop di bagian paha juga tak bagus untuk kesehatan kulitmu karena terekspos langsung dengan komponen-komponen laptop yang mungkin saja beraliran listrik.

  1. Gunakan pendingin khusus untuk laptop

Untuk mengatasi masalah overheating, kamu juga bisa menggunakan alat pendingin khusus untuk laptop. Dipercaya, dengan memanfaatkan alat pendingin ini bisa membantu mengurangi panas yang muncul pada laptop. Atas alasan inilah kamu sangat disarankan menggunakannya.

Selain beberapa cara yang dipaparkan di atas, kamu juga bisa melakukan hal ini, di antaranya:

  • Menjauhkan laptop dari tempat yang suhunya terlalu panas maupun dingin.
  • Perbaiki sistem pendingin yang terdapat pada laptop.
  • Hindari penggunaan yang terlalu intens misalnya lebih dari 24 jam.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah overheating pada laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *