Lakukan Ini Saat Mengajukan Pelunasan Kredit Lebih Awal

Untuk mendapatkan sebuah promo yang berlangsung, terkadang sebuah lembaga pembiayaan akan memberikan syarat tertentu. Misalnya, promo Pajero gratis asuransi dengan syarat tenor pinjaman adalah 3 tahun. Artinya, jika Anda mengambil kredit dengan tenor kurang dari itu, maka Anda tidak bisa menikmati fasilitas promo tersebut.

Akibatnya, banyak orang yang sebenarnya mampu mengambil kredit dengan tenor pendek tetapi sengaja memperpanjangnya demi mendapatkan promo. Apalagi jika promo yang ditawarkan https://www.dipostar.com/id/promo.htm  bukan hanya sekadar gratis asuransi saja, tetapi juga ada berbagai bonus lainnya. Pasti melewatkannya akan terasa sangat sayang. Mengenai tenor yang lama, tidak masalah karena nanti Anda hanya perlu melunasi kredit lebih awal agar tidak terbebani kredit terlalu lama.

pelunasan kredit lebih awal

pelunasan kredit lebih awal

Prosedur pelunasan kredit mobil

 Ya, melunasi kredit lebih awal memang menjadi jalan keluar yang tepat. Jika Anda berencana melakukannya, maka perhatikan beberapa langkah berikut:

  • Pelajari perjanjian kredit.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah pelajari perjanjian kredit Anda dengan lembaga pembiayaan. Dalam perjanjian kredit Anda akan menemukan informasi besaran biaya penalti dan administrasi pelunasan di awal yang harus Anda bayarkan. Umumnya, biaya penalti ini dihitung dari persentase sisa pokok pinjaman.

  • Hubungi lembaga pembiayaan.

Banyak orang yang terkadang merasa kebingungan memahami aturan mengenai pelunasan di awal ini. Apalagi jika harus menghitung sendiri total biaya yang harus dibayarkan. Tidak perlu khawatir, Anda bisa membawa surat perjanjian kredit tersebut ke lembaga pembiayaan untuk melakukan diskusi. Namun tetap saja, Anda tetap harus sudah membaca poin mengenai pelunasan di awal terlebih dahulu untuk memperlancar proses diskusi.

  • Persiapkan dana dan cara pembayaran.

Setelah mengetahui perhitungannya, Anda harus mengetahui secara pasti berapa dana yang harus dipersiapkan untuk proses pelunasan. Total ini terdiri dari keseluruhan sisa utang, biaya penalti, biaya administrasi, bunga berjalan, dan tentunya denda keterlambatan (jika ada). Ketahui juga beragam alternatif pembayaran yang diterima oleh lembaga pembiayaan. Sebaiknya, hindari pembayaran yang tidak menyertakan bukti pembayaran atau jika penerimaan dana membutuhkan waktu lebih dari 1 hari. Dikhawatirkan jika selama proses terjadi error maka akan sulit mengurusnya.

Setelah pembayaran pelunasan selesai, ada baiknya jika Anda segera mengurus ke lembaga pembiayaan. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat memiliki kepemilikan penuh atas mobil tersebut. Tidak hanya itu, dengan segera mengurusnya, risiko terjadinya masalah seperti bukti pembayaran hilang dan sebagainya juga dapat terhindarkan.

Hal lain yang harus diperhatikan yaitu, jangan nekat mengajukan pelunasan sebelum tenor berakhir kalau Anda belum memiliki finansial yang cukup. Jangan sampai Anda mengalami masalah keuangan ke depannya nanti akibat hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *