Kesalahan dalam Memilih Lampu Kamar untuk Apartemen

Ruang kamar mungkin menjadi sanctuary pada apartemen di Cinere milik Anda. Pasalnya, Anda menghabiskan banyak waktu di ruang ini dan kamar pun juga menjadi tempat ‘berlindung’ Anda setelah menjalani aktivitas yang padat setiap harinya. Membuat ruang kamar senyaman mungkin tentu menjadi sesuatu yang wajib untuk dilakukan. Banyak hal yang bisa Anda coba, salah satunya dengan memilih lampu kamar yang tepat.

Memilih lampu yang tepat sebenarnya cukup tricky. Tentu, tak ada patokan yang pasti bagaimana memilih lampu kamar terbaik untuk kamar Anda. Hanya saja, Anda bisa memulainya dengan cara menghindari kesalahan dalam memilih.

chandelier di ruang tidur

chandelier di ruang kamar tidur

  • Memilih lampu berukuran gantung yang besar

Lampu memang bisa dijadikan sebagai elemen dekorasi pada sebuah ruang. Namun demikian, ketika Anda memilih lampu untuk kamar—terutama untuk kamar apartemen yang tidak terlalu besar—hindarilah untuk memilih lampu gantung yang berukuran besar. Pasalnya, jenis lampu ini akan membuat ruang kamar terasa penuh. Tak hanya itu, keberadaannya juga akan membahayakan kalau kamar Anda memiliki langit-langit yang rendah.

  • Menggunakan lampu yang terlalu terang

Kesalahan lain yang tanpa sadar Anda lakukan adalah memilih lampu yang terlalu terang untuk kamar Anda. Mengapa? Pasalnya, kamar merupakan tempat Anda untuk tidur dan beristirahat, jadi gunakanlah lampu yang redup. Memilih lampu yang terang akan membuat Anda sulit tidur dan selalu terjaga sepanjang malam. Memang sih, Anda bisa mematikan lampu sebelum tidur, namun demikian, ketika lampu tidak dimatikan, energi di dalam kamar pun akan terasa hidup. Tentunya, hal ini pun akan mengganggu waktu istirahat Anda.

  • Lampu yang boros listrik

Bagi Anda yang senang tidur dengan kondisi lampu dinyalakan, tentu beban listrik bulanan Anda juga akan bertambah. Untuk menyiasatinya, pilihlah lampu dengan watt kecil sehingga tagihan listrik tidak akan membengkak. Kalau Anda tak peduli dengan watt atau bahkan beban listrik lampu, jangan heran kalau tagihan setiap bulan melonjak dan mengganggu cash flow

  • Pemilihan lampu tidak disesuaikan dengan luas ruangan

Memilih lampu juga harus mempertimbangkan luas ruangannya. Jangan sampai ruang kamarmu yang luas menjadi gelap karena Anda hanya memasang satu lampu. Tak ada salahnya melengkapi kamar dengan lampu tambahan, seperti lampu meja misalnya, untuk menambah pencahayaan.

Itu dia empat kesalahan yang kerap dilakukan oleh banyak orang ketika memilih lampu kamar untuk apartemen. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *