Kepedulian Tanoto Foundation dalam Dunia Pendidikan untuk Generasi yang Cemerlang

Menciptakan generasi penerus yang berkualitas merupakan alasan utama didirikannya Tanoto Foundation. Yayasan ini merupakan hasil dari ide dan pemikiran Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto. Foundation ini resmi memulai upaya mereka dalam memajukan dunia pendidikan pada tahun 1981 dengan membuka sebuah taman kanak-kanak di daerah Besitang, Sumatera Utara.

Setelah itu, Tanoto Foundation terus mengembangkan berbagai program yang sejalan dengan tujuan utama mereka yaitu menciptakan dunia pendidikan yang berkualitas. Salah satu fokus utama dari program yang dijalankan oleh Tanoto Foundation dibawah bimbingan Sukanto Tanoto adalah pendidikan dan perkembangan anak usia dini.

Program ECED atau Early Childhood Education and Development

Sumber : Tanoto Foundation

Pendidikan dan perkembangan anak usia dini merupakan salah satu fondasi dasar dalam menciptakan generasi yang berkualitas. Anak-anak yang mendapat perhatian dan pendidikan maksimal sejak usia dini memiliki kesempatan lebih besar untuk memaksimalkan potensi mereka masing-masing.

Program ini diberi nama ECED atau Early Childhood Education and Development. Hal paling menarik dari program ini adalah pelaksanaanya yang tersebar di beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia. Setiap program di masing-masing negara memiliki fokus yang berbeda sesuai dengan kebutuhan yang ada.

SIGAP

SIGAP merupakan bagian dari program ECED yang dilaksanakan di Indonesia. Program yang dijalankan oleh Tanoto Foundation ini berfokus pada 2 hal yaitu pencegahan stunting dan perhatian pada perawatan anak di usia emas 0-6 tahun dalam rangka mempersiapkan mereka sebelum memasuki usia sekolah formal. Pencegahan stunting menjadi salah satu fokus perhatian mengingat cukup tingginya angka stunting di tanah air. Program ini turut mendukung kampanye kesehatan yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia.

CHAMP

CHAMP atau Center for Children and Maternal Health Programs juga merupakan salah satu bagian dari program ECED dari Tanoto Foundation. Program yang dijalankan di Singapura ini lebih berfokus pada upaya penelitian dan pengembangan pelaksanaan manajemen kesehatan ibu dan anak. Kondisi kesehatan ibu turut menjadi perhatian mengingat ibu adalah sosok terdekat yang memiliki peran sangat besar dalam kehidupan anak sejak masih berada di dalam kandungan. Hasil penelitian yang ada akan disebarluaskan dalam bentuk pelatihan ataupun bentuk pengajaran lainnya, dengan tujuan utama meningkatkan perawatan kesehatan ibu dan anak.

HOPE

Sebagai bagian dari program ECED, Tanoto Foundation dibawah bimbingan Sukanto Tanoto mengembangkan sebuah program yang dinamakan HOPE atau Harnessing Opportunity Through Parenting and Education.

Program yang dijalankan di negara Cina ini lebih berfokus pada pendidikan anak usia 0-3 tahun melalui peningkatan kemampuan para pendidik, dalam hal ini para pengasuh yang bertempat tinggal di daerah pedesaan. Program HOPE yang dikembangan oleh Tanoto Foundation lebih berfokus pada daerah pedesaan dimana tingkat pendidikan para pengasuh ataupun akses untuk materi-materi pendidikan anak terbilang masih rendah. HOPE berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak dengan terlebih dahulu meningkatkan kemampuan dan cara mendidik para pengasuh.

Program HOPE diwujudkan dengan cara pendirian pusat parenting di berbagai tempat. Di pusat parenting ini, anak-anak usia 0-3 tahun diberikan akses untuk berbagai jenis permainan mendidik. Sementara itu, para pengasuh akan mendapatkan pelatihan baik melalui games atau menggunakan media buku untuk mengajarkan mereka cara terbaik untuk mendukung perkembangan anak.

Ketiga program tersebut, SIGAP, CHAMP, dan HOPE hanyalah sebagian kecil program pendidikan yang dikembangkan oleh Tanoto Foundation. Berbagai program lain yang juga berfokus pada pendidikan dari yayasan ini merupakan bukti kepedulian Sukanto Tanoto terhadap kemajuan generasi muda di Indonesia pada khususnya dan seluruh dunia pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *