Ini, Kepanjangan Istilah-istilah di Internet

Selama menggunakan internet kantor tercepat, tentunya kamu sering menggunakan banyak istilah internet yang difungsikan untuk membuka sebuah website. Namun, saat menggunakan istilah di dalam internen, tidak menutup kemungkinan banyak diantara kamu malah yang tidak mengetahui kepanjangannya. Lantaran, tidak pernah memikirkan apa sebenarnya kepanjangan istilahnya dan tidak mau mencari tahu kepanjangan yang diberikan. Meskipun demikian, tetapi tidak ada salahnya kan kamu mengetahui beberapa kepanjangan istilah internet ini, supaya kamu mendapatkan banyak ilmu pengetahuan mengenai internet.

arti istilah di internet

arti istilah di internet

Lantas, apa sajakah kepanjangan istilah yang terdapat di internet ini, dan patut untuk kamu ketahui:

  1. WWW, saat akan membuka suatu website menggunakan browser seperti mozilla firefox maupun google chrome, pasti kamu akan menulis “www” ini terlebih dulu. “www” sendiri merupakan kepanjangan dari World Wide Web dan kebanyakan orang mengira www adalah internet secara keseluruhan. Padahal tidak begitu, www memang merupakan bagian dari internet, namun tidak semua server yang ada di internet merupakan bagian dari www. www pada dasarnya merupakan media untuk mengakses file-file yang ada di internet.
  2. GPS merupakan sebuah sistem yang terdapat di dalam handphone canggih, yang difungsikan untuk melihat dimana letak sebuah daerah yang terdapat di dunia ini. Biasanya, sistem yang sangat bermanfaat ini, menggunakan setidaknya 24 satelit yang langsung mengirimkan sinyal gelombang mikronya ke permukaan bumi. Untuk istilah gps sendiri memiliki kepanjangan dengan nama Global Positioning System.
  3. URL adalah rangkaian sebuah karakter yang digunakan untuk memberitahu alamat suatu sumber berupa gambar dan dokumen di dalam internet. Di Indonesia sendiri, istilah URL ini disingkat dengan LSS atau dikenal dengan istilah Lokator Sumber Seragam. Sedangkan, di negara lainnya URL dikenal dengan nama Uniform Resource Locator.
  4. LTE ialah jaringan internet yang terdapat di handphone Android, yang berbasis GSM/EDGE dan HSPA/UMTS. Jaringan yang sangat bermanfaat untuk mengoperasikan handphone layar sentuh ini, disingkat dengan istilah Long Term Evolution.
  5. VPN yaitu jaringan pribadi yang penggunaannya harus dihubungkan dengan remote-site, agar terlihat semakin aman dan tidak akan bisa digunakan oleh umum. Difungsikan untuk jaringan pribadi, VPN ini memiliki kepanjangan Virtual Private Network.

Nah, itulah beberapa istilah yang terdapat di internet dan kepanjangannya yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *