Kenali Masalah pada Kendaraan Lewat Asap yang Dikeluarkan

Memiliki kendaraan, entah itu mobil pribadi, dump truk terbaik, hingga sepeda motor, pastinya Anda tidak mau jika kendaraan mogok atau malah rusak di tengah jalan. Untuk itu, supaya tidak mengalami kejadian tersebut, ada baiknya kenali terlebih dahulu masalah yang mungkin saja muncul pada kendaraan lewat asap yang dikeluarkan.

Supaya lebih mudah, yuk, simak pembahasannya di ulasan berikut:

asap kendaraan

asap kendaraan

  1. Asap berwarna putih

Kendaraan Anda mengeluarkan asap berwarna putih tipis? Jangan panik dulu, karena asap yang dikeluarkan tersebut akibat ada masalah pada bagian kondensasi di dalam kanal knalpot kendaraan dan bukanlah masalah yang serius. Namun, Anda perlu waspada jika asap yang keluar berwarna putih tebal dan pekat karena itu artinya ada oli yang ikut terbawa masuk ke ruang pembakaran. Anda harus segera membawa kendaraan ke bengkel terdekat untuk mengecek kondisinya.

  1. Asap berwarna hitam

Jika kendaraan Anda mengeluarkan asap berwarna hitam pekat, maka bisa saja mengindisikan adanya masalah pada bagian sistem kendaraan. Di mana, bahan bakar tersebut bersirkulasi terlalu banyak di ruang pembakaran sehingga membuatnya tidak terbakar sempurna yang mana mengakibatkan keluarnya asap hitam. Atau, bisa juga disebabkan karena ada ganggua pada karburator, saringan udara, dan lain sebagainya. Untuk itu, segera bawa kendaraan Anda ke bengkel untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

  1. Asap berwarna kebiru-biruan

Tidak hanya putih maupun hitam, asap kendaraan juga ternyata mengeluarkan warna kebiru-biruan. Penyebabnya sendiri adalah karena oli ikut terbakar di ruang mesin kendaraan. Atau, lebih tepatnya terjadi kerusakan pada bagian ring piston yang sudah aus, gasket yang sudah kedaluwarsa, hingga blower turbo sudah tua. Biasanya, kondisi seperti ini kerap terjadi pada kendaraan yang memakai turbo. Oleh karena itu, jika mengalaminya, langsung saja bawa kendaraan Anda ke bengkel agar dapat penangangan dari pihak bengkel.

Selain ketiga warna di atas, kendaraan juga ada yang mengeluarkan asap berwarna abu-abu. Di mana, warna tersebut menunjukkan jika ada kerusakan di bagian oli transmisi. Bisa jadi, oli pada kendaraan mengalami rembes atau jumlah berlebih sehingga mengakibatkan sistem transmisinya menjadi berkurang. Kondisi seperti ini biasanya sering terjadi pada kendaraan bertransmisi matik.

Itulah beberapa warna asap yang dikeluarkan kendaraan yang bisa menjadi penanda adanya masalah pada kendaraan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *