Kenali Efek Suka Makan Terlalu Malam

Pulang larut malam, tidak sempat makan, kebiasaan, dan berbagai alasan lain terkadang menjadi penyebab kamu lapar di tengah malam dan mengonsumsi sesuatu. Baik itu makanan utama berupa nasi dan lauk lengkap maupun camilan ringan seperti beragam snack dari Oishi Indonesia. Misalnya karena kamu pulang kerja dan baru sampai di rumah jam 9 malam, maka kamu baru makan selepas jam 10 malam.

Apa kamu termasuk yang sering melakukannya? Jika iya, ada baiknya kamu lebih waspada karena ternyata kebiasaan tersebut sangat tidak baik jika dilakukan terlalu sering. Berikut ini adalah beberapa dampak buruknya menurut situs ndtv:

makan terlalu malam

makan terlalu malam

  • Menaikkan berat badan

Ingin berat badan turun, maka atur jam makan malammu. Bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi makan malam, tetapi kamu harus mengontrolnya. Pilih makanan yang rendah kalori dan jangan mengonsumsinya terlalu malam. Sebab, kalori dari makanan yang kamu konsumsi saat terlalu malam akan terkumpul di dalam tubuh dan menjadi lemak, akibatnya adalah akan meningkatkan berat badanmu.

  • Memengaruhi kinerja otak

Ternyata kebiasaan mengonsumsi makanan juga dapat berpengaruh buruk pada sistem kerja otak, terutama yang berkaitan dengan ingatan. Melansir dari situs huffpost, sebuah studi yang dilakukan di California, Los Angeles, membuktikan hal tersebut. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa kebiasaan mengunyah dan mengonsumsi makanan pada tengah malam menyebabkan gangguan fungsi otak dalam mengingat hal baru dan menyimpan ingatan.

  • Menaikkan asam lambung

Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan yang dikonsumsi akan berkaitan erat dengan asam lambung tubuh. Tidak hanya jenisnya saja, waktu mengonsumsinya juga sangat berpengaruh. Kebiasaan makan sesaat sebelum tidur pada malam hari akan menyebabkan timbulnya rasa sakit pada bagian tengah dada akibat asam lambung. Tidak hanya itu, berbaring beberapa saat setelah makan dengan posisi kerongkongan yang segaris lurus dengan lambung juga akan menyebabkan refluks asam lambung sehingga kerongkongan akan terasa seperti terbakar.

Wah, ternyata banyak juga ya dampak buruk dari kebiasaan makan terlalu malam ini. Jadi untuk kamu yang sering melakukannya, apa yakin masih mau melanjutkannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *