Kenalan dengan Negara yang Punya Sistem Jalan Terbaik, Yuk!

Macet dan Jakarta rasanya sudah menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Tidak ada hari yang terlewat tanpa kemacetan yang memenuhi setiap pelosok Jakarta. Setuju tidak? Ya, karena alasan ini pulalah, banyak masyarakat yang pada akhirnya memilih untuk tinggal di premium apartment Jakarta untuk menghindari kemacetan.

Apakah setiap kota besar juga akan mengalami kemacetan yang sama dengan Jakarta? Hmm tentu tidak. Sebab, ada pula negara-negara yang dikenal sebagai negara dengan sistem jalan terbaik. Ini dia daftarnya:

Sistem jalan di Singapura

Sistem jalan di Singapura

  1. Singapura. Negara tetangga kita ini memang jauh lebih maju dalam bidang infrastruktur jika dibandingkan dengan kita, apalagi untuk masalah transportasi. Singapura dengan MRT-nya sangat ampuh untuk mengatasi kemacetan di jalan. Selain itu, harga mobil juga sangat mahal sehingga tidak semua orang bisa memilikinya. Ditambah lagi ketersediaan lahan parkir yang terbatas sehingga pemilik mobil harus rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar parkir. Hmm, tidak heran deh jika masyarakatnya lebih memilih untuk beralih ke MRT atau transportasi umum lainnya. Lebih murah, cepat, dan juga efisien. Makanya kalau kamu pergi ke Singapura, kamu bisa melihat kalau jalan raya di sana relatif sepi.
  2. Jepang. Bukan menjadi rahasia umum kalau Jepang menjadi salah satu negara dengan tingkat keteraturan yang tak bisa diragukan. Sama halnya seperti masyarakat Singapura yang lebih memilih menaiki transportasi umum, masyarakat Jepang juga begitu adanya. Alih-alih menaiki mobil pribadi atau bahkan motor, mereka lebih menyukai naik transportasi umum. Itu dia yang kemudian membuat jalan raya di Jepang terlihat sangat teratur dan juga bebas macet. Tidak hanya itu, meski sepi, jalan raya di Jepang juga menjadi salah satu jalan yang paling disukai oleh pengendara di seluruh dunia. Tidak percaya? Buktikan sendiri dengan berkendara di Shutoko dan Route 11.
  3. Amerika Serikat. Sebagai negara yang menjadi pusat perekonomian dunia di mana semua orang dari seluruh penjuru dunia berlomba-lomba untuk mengadu nasib di sini, tidak heran jika negara ini sangat padat penduduk. Hal yang selanjutnya terbayang di kepala kita adalah kemacetan yang sangat parah dan luar biasa seperti di Jakarta. Hmm, sebetulnya tidak demikian, lho. Sebab pemerintah Amerika Serikat sudah punya terobosan untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan grid system, hampir semua tujuan bisa dicapai tidak hanya melalui satu rute tetapi dari berbagai rute sehingga akan memudahkan untuk menghindari kemacetan. Tidak ada lagi yang namanya penumpukan kendaraan karena ada banyak alternatif jalan yang bisa ditempuh. Menarik, kan?

Hmm, kapan ya Indonesia bisa mengikuti jejak mereka dan bebas macet? Yah, kita berharap saja agar semuanya bisa terjadi. Aamiin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *