Hati-Hati, Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Memicu Skoliosis

Skoliosis merupakan sebuah kondisi kelainan tulang belakang dari yang seharusnya lurus menjadi melengkung ke samping kanan, kiri, atau keduanya hingga membentuk huruf “s”. Meskipun skoliosis ini sering kali merupakan bawaan dari lahir, kelainan pembentukan tulang, atau idiopatik, ternyata kebiasaan buruk yang tanpa sadar dilakukan juga bisa menyebabkan skoliosis, hingga membuat Anda harus rutin menjalani perawatan skoliosis.

Lantas, apa saja kebiasaan buruk yang dapat memicu skoliosis? Simak daftarnya dalam artikel berikut ini, ya:

kebiasaan penyebab scoliosis

kebiasaan penyebab scoliosis

  1. Kebiasaan duduk yang salah

Duduk yang terlalu membungkuk atau terlalu tegak memang kurang baik, namun ada kebiasaan duduk lain yang bisa membuat kondisi tulang belakang menjadi semakin parah. Salah satunya adalah duduk sembari menyilangkan kaki. Kondisi yang sering dilakukan oleh para perempuan ini ternyata bisa membuat tulang panggul berputar dan menyebabkan skoliosis.

  1. Menaruh dompet di saku belakang celana

Jika duduk dengan menyilangkan kaki merupakan kebiasaan para kaum hawa, maka kebiasaan untuk para laki-laki adalah menduduki dompet yang ada di saku belakang. Menaruh dompet di saku belakang celana memang terasa lebih nyaman karena Anda dapat dengan mudah meraihnya kapan pun dibutuhkan. Namun ketebalan dompet ini ternyata tidak baik untuk tulang panggul, terutama jika diduduki dalam waktu lama. Alhasil, punggung akan terasa lebih nyeri serta memicu skoliosis.

  1. Terlalu sering membawa beban berat

Jika Anda bertanya-tanya bisakah skoliosis dipicu oleh keseringan membawa barang berat? Jawabannya bisa. Namun, kemungkinan ini hanya berlaku pada orang yang memiliki orang tua atau pendahulu dengan histori skoliosis. Bila orang dengan genetika skoliosis terlalu banyak menahan beban berat, terlebih jika beban berat hanya diposisikan pada salah satu pundak, kondisi skoliosis mungkin tak dapat dihindari. Nah, jika memang terpaksa harus membawa beban berat, seperti laptop misalnya, gunakanlah tas ransel yang memiliki bantalan empuk di kedua bahu, dan kurangi beban di dalam tas untuk meringankannya.

  1. Menulis sambil tengkurap

Di era WFH dan SFH seperti sekarang, banyak aktivitas menulis atau mengetik yang dilakukan sembari tengkurap. Patut diperhatikan bahwa bertahan pada posisi ini dalam kurun waktu yang lama bisa membuat tulang belakang tidak lurus dan akhirnya meningkatkan risiko skoliosis.

Itu dia beberapa kebiasaan yang bisa memicu skoliosis. Mulai sekarang, ubahlah kebiasaan Anda sedikit demi sedikit agar terhindar dari kelainan tulang ini, ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *