Kandungan Skincare Ini Ternyata Bisa Kecilkan Pori-pori

Kulit mulus seperti porselen merupakan dambaan setiap wanita. Karena itu, pori-pori yang besar dianggap mengganggu penampilan. Pori-pori yang besar bisa diakibatkan oleh faktor genetik, tetapi pori-pori yang besar bisa juga menjadi sarang komedo. Karena itu, sebaiknya segera lakukan perawatan untuk mengecilkan pori-pori. Anda bisa merawat kulit atau menentukan skincare regime sendiri di rumah. Nah, sebelum bereksperimen dengan skincare regime, sebaiknya ketahui dulu beberapa kandungan skincare yang dapat membuat pori-pori tampak kecil.

  • AHA

Kandungan AHA mungkin sering Anda temukan di banyak skincare. AHA berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit secara ringan, sehingga minim risiko iritasi. Eksfoliasi ringan ini dapat membersihkan kotoran dan minyak, serta mengangkat sel kulit mati dari pori-pori Anda. Sehingga pori-pori lebih bersih dan mengecil. Selain membantu membersihkan pori-pori, kandungan AHA juga dapat mencegah jerawat di kulit Anda.

  • Retinol

Retinol terkenal dengan keahliannya menghambat ciri-ciri penuaan. Ya, fungsi utama retinol adalah menstimulasi kulit untuk meregenerasi kulit baru. Dengan begitu, kulit akan tampak lebih muda dan sehat. Biasanya retinol ini paling dianjurkan untuk Anda yang ingin mengatasi jerawat, hiperpegmentasi, dan tentunya penuaan. Namun, retinol juga mampu membuat kulit tampak lebih halus dan memperkecil pori-pori. Tak ada salahnya untuk memasukkan retinol pada skincare regime Anda.

  • Salicylic Acid

Coba cek pembersih wajah yang Anda miliki sekarang. Apakah Salicylic Acid tertera dalam ingredients-nya? Pasalnya Salicylic Acid ini memang berfungsi memecah kotoran dan minyak. Oleh sebab itu, Salicylic Acid sering digunakan pada cleanser atau jenis skincare lainnya. Dengan kandungan ini, Anda bisa memberantas kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga pori-pori pun mengecil.

  • Niacinamide

Nah, ini dia kandungan yang bisa dibilang bisa memecahkan hampir semua masalah kulit. Kandungan ini dapat mengurangi sebum atau minyak yang terperangkap dalam pori-pori yang merupakan bibit komedo. Selain pori-pori mengecil, Anda juga akan mendapatkan kulit yang bebas minyak dan komedo!

Itu dia beberapa kandungan yang mampu membuat komedo terlihat lebih kecil. Namun, jangan sembarangan menggabungkan kandungan-kandungan di atas dalam satu rutinitas skincare ya. Kesalahan yang Anda lakukan bisa menyebabkan iritasi. Karena itu, lakukan riset mendalam sebelum memasukkan kandungan-kandungan di atas ke dalam rutinitas skincare. Semoga membantu! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *