Kaizen, Prinsip Satu Menit dari Budaya Jepang

Meski industri pariwisata di Indonesia, minat masyarakat untuk mengunjungi negara lain, terutama Jepang tampaknya semakin meningkat. Hal ini bisa terlihat dari tingginya jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Jepang yang terus naik setiap tahunnya. Jepang memang memiliki banyak hal untuk dinikmati mulai dari kuliner, atraksi wisata, hingga budayanya. Nah, tahukah kamu bahwa budaya Jepang ternyata banyak yang bisa diterapkan dalam keseharian kita? Cek artikel berikut ini, ya!

Prinsip Kaizen Jepang

Prinsip Kaizen Jepang

Dalam kebudayaan Jepang, ada satu prinsip yang banyak digunakan oleh masyarakatnya. Prinsip ini ditengarai ampuh untuk menghilangkan rasa malas dan efektif untuk diterapkan sehari-harinya. Adalah kaizen, prinsip satu menit yang ditujukan untuk pengembangan diri. Menurut metode ini, seseorang harus melakukan satu kegiatan selama satu menit, setiap hari di jam yang sama. Tentunya, hal ini bukanlah menjadi beban, karena hanya harus melakukannya selama satu menit; orang yang paling malas sekalipun merasa bahkan metode ini sangat ampuh karena tidak memakan tenaga. Entah itu untuk olahraga, membersihkan rumah, belajar bahasa asing, atau bahkan membaca buku, kebiasaan itu bisa diterapkan selama satu menit saja.

Kaizen merupakan metode yang berasal dari Jepang. Kata ‘kaizen’ sendiri berasal dari ‘kai’ yang berarti ‘perubahan’ atau ‘change’ dan ‘zen’ yang berarti ‘kebijaksanaan’ atau ‘wisdom’. Metode ini ditemukan pertama kali oleh Masaaki Imai, yang percaya bahwa filosofi ini bisa diaplikasikan oleh semua orang di seluruh dunia.

Lantas, apa goal yang berusaha dicapai oleh metode kaizen? Prinsip ini percaya bahwa kebiasaan yang dilakukan setiap hari dan di jam yang sama akan membawa kebahagiaan dan juga kepuasaan. Kebahagiaan karena seseorang bisa mengembangkan diri dengan cara yang mudah dan kepuasan karena telah berhasil mengenyahkan rasa malas. Ketika sudah mencapai titik ini, seseorang tentunya akan merasa terpacu untuk melakukan yang lebih lagi sehingga waktu pelaksanaan yang tadinya satu menit bisa semakin bertambah sesuai keinginan.

Kita tentunya pernah merasa tidak nyaman dan meragukan kapasitas diri setiap harianya. Nah, menurut kaizen, setiap manusia harus merasakan sensasi kemenangan dan juga mengecap sukses untuk terus melangkah maju. Oleh sebab itulah, ketika berhasil melakukan metode kaizen ini, perasaan kita akan lebih ringan dan juga ingin melakukan yang terbaik lagi.

Gimana, kamu tertarik untuk menerapkan prinsip kaizen ini? (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *