Apa Sajakah Jenis Cairan yang Dimiliki Mobil?

Bahan bakar adalah cairan utama yang memiliki guna untuk menggerakkan mesin. Jika cairan satu ini tersisa sedikit atau malah habis, mobil tentu tidak dapat kamu gunakan. Namun, pernahkah kamu mencari tahu apa saja jenis cairan yang dimiliki kendaraan kamu—selain bahan bakar? Jika belum, yuk simak artikel ini untuk tahu cairan apa saja yang ada di mobil kamu. Jangan sampai karena menyepelekan hal-hal remeh seperti ini, pertanggungan asuransi kendaraan terbaik yang sudah kamu miliki malah habis untuk membiayai komponen-komponen kecil mobilmu.

air coolant mobil

air coolant mobil

  1. Oli mesin

Kalau mau dihitung mungkin ada puluhan bagian-bagian kecil di mobil kamu yang terus bergerak selagi mobil dikendarai. Semua bagian-bagian kecil  ini akan bergesekan satu sama lain agar mobil dapat melaju. Akan tetapi, efeknya adalah timbulnya panas berlebihan. Nah, panas berlebihan serta gesekan inilah yang dibaluri oli supaya bagian-bagian kecil tersebut senantiasa berada dalam suhu normal dan terlumasi.

  1. Coolant

Coolant atau pembeku adalah cairan yang berguna untuk mengatur suhu mesin kendaraan kamu. Dengan begitu, mesin tidak akan overheat atau kepanasan. Untuk mobil-mobil di daerah 4 musim, ada juga cairan antifreeze atau antibeku yang berfungsi untuk mempertahankan suhu panas mesin ketika musim dingin tiba. Tujuannya adalah agar mesin tidak beku.

  1. Oli transmisi

Hampir mirip dengan oli mesin, oli transmisi adalah cairan yang melumuri setiap gigi atau persneling yang dimiliki transmisi mobil kamu. Dengan begitu, gesekan yang terjadi saat kamu memindahkan gigi tidak akan menimbulkan panas atau bahaya lain.

  1. Oli setir

Oli setir atau power steering oil adalah jenis cairan yang berguna untuk melumasi setir kendaraan kamu. Cairan ini penting mobil kamu miliki supaya setir dapat dimanuver dengan mulus. Selain itu, kamu jadi tidak perlu buang tenaga banyak untuk memutar setirmu saat sedang berkendara.

  1. Oli rem

Rem adalah salah satu pengontrol penting kendaraan kamu. Jika bagian ini tidak bekerja dengan baik, pengalaman berkendara kamu di jalan tentu tidak akan mulus. Maka dari itulah oli rem ada. Seperti pelumas-pelumas lainnya, oli rem juga berfungsi untuk mengolesi bagian rem agar tetap prima dan minim gesekan.

  1. Cairan pendingin AC

Refrigerant atau cairan pendingin adalah bagian dari AC yang membuat udara dalam mobil kamu senantiasa dingin. Nah, kalau kamu ingin perjalanan kamu di siang hari yang terik selalu adem, pastikan refrigerant AC mobilmu masih ada di ambang normal, ya.

Itulah dia beberapa jenis cairan yang ada di mobil kamu. Selain keenam cairan di atas, mobil juga masih punya cairan pembersih (untuk wiper) dan cairan diferensial (untuk gigi). Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *