Jelang Lebaran, Siap-Siap dengan Pengeluaran Ini

Menjelang lebaran, tak hanya fisik dan rohani saja yang harus dipersiapkan, tetapi juga finansial kamu, lho. Sebab selain cicilan modern residence Jakarta dan pengeluaran rutin lainnya, kamu juga harus mempersiapkan beberapa hal ini. Jangan sampai cash flow kamu terganggu karena tidak mempersiapkannya sejak awal, ya. Simak beberapa daftar pengeluaran yang harus kamu siapkan menjelang lebaran:

Biaya menjelang lebaran

Biaya menjelang lebaran

  1. Ingatlah bahwa sebagian kecil dari harta yang kita miliki merupakan hak orang lain. Jadi, jangan lupa untuk membayar zakat sebelum lebaran tiba. Alokasikan hitungan zakat amal, zakat profesi, dan juga zakat fitrah yang harus kamu bayarkan. Jika sudah, jangan lupa untuk menuntaskan semua kewajiban kamu sebelum bulan puasa berakhir, ya!
  2. Untuk kamu yang punya banyak keponakan, mungkin memberikan angpao saat lebaran merupakan tradisi tahunan yang selalu kamu lakukan. Angpao ini biasanya berupa amplop warna-warni dengan nuansa ketupat yang di dalamnya berisi uang. Jika kamu terbiasa memberikan angpao pada para ponakan, jangan sampai lupa untuk melakukan perhitungan ini, ya. Siapkan uang pecahan yang digunakan untuk mengisi angpao dan hitung berapa jumlah ponakan yang ingin diberikan angpao. Kalau sudah, jangan lupa untuk dimasukkan ke dalam daftar pengeluaran supaya terlihat, ya.
  3. Tak bisa disangkal, biaya untuk mudik merupakan biaya pengeluaran paling besar yang harus kamu persiapkan menjelang lebaran. Tak untuk kamu yang mudik dengan transportasi umum saja, tetapi juga untuk kamu yang mudik dengan kendaraan pribadi. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari biaya di perjalanan, akomodasi, hingga pengeluaran yang mungkin muncul setibanya di kampung halaman. Duh, lebih baik bersiap dari jauh-jauh hari, ya, supaya keuangan kamu tidak terganggu.
  4. Makanan khas lebaran. Ketupat, opor ayam, rendang daging, dan beragam kue kering merupakan sajian khas lebaran yang seringkali tersedia di atas meja. Biasanya, harga bahan-bahan makanan ikut melonjak seiring tingginya kebutuhan masyarakat. Jadi, kamu harus siap-siap juga nih dengan pengeluaran tambahan yang terjadi setiap satu tahun sekali!

Tak hanya empat hal di atas, terkadang kamu pun harus mempersiapkan dana khusus untuk membeli baju lebaran dan pernak-pernik lainnya. Jadi, mengingat banyaknya pengeluaran yang harus kamu miliki jelang lebaran, jangan lupa dipersiapkan sejak lama, ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *