Jangan Asal Saat Memilih Warna Cat Dinding

Dinding merupakan bagian dari tempat tinggal yang akan sangat memengaruhi suasana sebuah ruangan. Itulah sebabnya, pemilihan warna cat dinding harus sangat diperhatikan agar mendukung konsep yang ingin ditampilkan. Apalagi jika seandainya Anda tinggal di apartemen murah dengan tipe studio yang memiliki ukuran ruang terbatas, pemilihan warna cat dinding harus lebih diperhatikan lagi.

Nah, untuk Anda yang sedang berencana untuk mengecat ruang di apartemen, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Selera

Biasanya orang hanya akan memilih warna cat berdasarkan dari seleranya saja. Misalnya Anda menyukai warna cokelat, maka warna cokelat muda akan menjadi pilihan. Atau Anda adalah seorang perempuan yang senang warna pink, maka warna pink yang akan dipilih. Sebenarnya, menentukan warna sesuai dengan selera adalah hal yang baik karena akan membuat Anda merasa lebih nyaman berada di dalamnya. Namun, ada baiknya jika Anda menyiapkan beberapa alternatif warna dan menyesuaikannya juga dengan beberapa poin penting lainnya.

  • Konsep

Ada beberapa konsep atau nuansa yang bisa Anda tampilkan dalam suatu ruangan, misalnya elegan, alam, minimalis, dan sebagainya. Untuk menampilkan suasana yang diinginkan secara maksimal, tentunya Anda harus menyesuaikan isi ruangan secara keseluruhan. Misalnya Anda ingin menampilkan kesan elegan, maka warna yang dipilih biasanya adalah perpaduan putih dengan warna lainnya. Sementara untuk kesan alam, Anda bisa menggunakan warna biru, hijau, atau cokelat.

  • Luas ruangan

Warna terang sangat disarankan untuk digunakan pada ruangan dengan luas yang terbatas. Sebab warna ini dapat memberikan kesan luas pada sebuah ruangan. Disarankan agar Anda menggunakan warna putih untuk ruangan seperti ini, tetapi jika Anda tidak mau warna putih yang terlalu standar, Anda bisa mengombinasikannya dengan warna lain seperti merah, biru, atau tosca sesuai dengan selera Anda.

  • Lokasi

Perhatikan warna dan jenis cat yang digunakan pada setiap lokasi. Untuk ruangan kamar yang cenderung tidak mudah kotor, tidak masalah jika ingin menggunakan warna-warna terang. Namun, untuk ruang tamu atau bahkan dapur, ada baiknya jika menghindari warna yang mudah terlihat kotor. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan cat yang bisa dibersihkan dengan cara dilap sehingga dinding akan selalu terlihat bersih.

Setelah mengetahui informasi di atas, sudah siap untuk memilih cat dinding tempat tinggal Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *