Jalan-Jalan Gratis di Jakarta? Bisa, Kok!

Ingin berjalan-jalan di akhir pekan tapi malas keluar dari kawasan ibukota? Bisa banget lho. Sebab ibukota Jakarta tidak hanya berisi tentang gedung-gedung tinggi dan kemacetan saja. Ada tempat wisata dan rekreasi tersendiri yang tersembunyi di sana. Ya, industri pariwisata di Indonesia memang sedang berkembang tetapi banyak sekali orang yang malas mengeksplorasi wilayah ibukota. Padahal, banyak hal yang bisa kamu lakukan di Jakarta, bahkan tanpa dipungut biaya. Ini dia daftarnya:

Lapangan Fatahilan di Kota Tua

Lapangan Fatahilah di Kota Tua

  1. Tur Kota Tua

Kota Tua atau Kompleks Batavia merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Jakarta Utara. Kamu harus banget berkunjung ke sini nih jika sedang liburan ke Jakarta. Mengapa? Pasalnya, di tempat ini kamu bisa main-main ke museum atau sekadar berkeliling untuk menikmati arsitektur khas peninggalan masa kolonial atau masa penjajahan Belanda. Kamu bisa masuk ke Museum Fatahillah, duduk-duduk di pinggir jalan sambil menikmati kuliner, atau bahkan sekadar berfoto di kawasan Kota Tua. Akses menuju Kota Tua pun sangat mudah: kamu bisa menumpang kereta commuterline dan turun di Stasiun Kota yang berada tak jauh dari kawasan Kota Tua.

  1. Berpartisipasi dalam Car Free Day.

Setiap hari Minggu, sepanjang jalan Sudirman – Thamrin – Senayan ditutup untuk kendaraan bermotor selama setengah hari dari pagi hingga siang hari. Jalanan ini dikhususkan untuk warga yang ingin berolahraga tanpa harus terganggu dengan kendaraan. Tidak hanya itu, pada event Car Free Day ini, kamu tidak hanya bisa berolahraga saja tetapi juga bisa menikmati kuliner, berbelanja di bazaar, bahkan bisa berfoto-foto di tengah jalan karena tidak ada kendaraan yang melintas. Bahkan, terkadang ada pertunjukan seni atau charity yang digelar dalam ajang Car Free Day ini.

  1. Berkunjung ke Galeri Indonesia Kaya

Berada di lantai 8 Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat, Galeri Indonesia Kaya merupakan tempat untuk merasakan seni dan juga budaya Indonesia. Tempat ini sering dijadikan lokasi untuk diskusi seni, pagelaran tari, bahkan talkshow. Di sini, kamu juga bisa merasakan berbagai pengalaman virtual seperti berfoto dengan pakaian tradisional, memainkan instrumen musik Indonesia, dan juga mengeksplorasi Indonesia melalui map yang semuanya disajikan secara virtual. Menarik, kan? Kalau kamu membawa anak kecil, tempat ini merupakan opsi liburan yang menarik.

Itu dia beberapa tempat dan kegiatan yang bisa kamu lakukan secara gratis di Jakarta. Siap untuk mencobanya? 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *