Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa

Bagi mahasiswa, uang kiriman dari orang tua adalah sumber pendapatan tiap untuk menyambung hidup tiap bulannya. Sayangnya, kadang uang yang dikirimkan tersebut ternyata tidak mencukupi kebutuhan kita, terutama bila ternyata ada kebutuhan mendadak. Kalau sudah begini, berarti kita harus mulai mencari sumber pendapatan lainnya, salah satunya adalah dengan investasi menguntungkan. Lalu, apa saja, sih, investasi yang cocok untuk mahasiswa dengan dana yang terbatas?

Berikut ini beberapa investasi yang menguntungkan bagi mahasiswa yang patut dicoba.

Investasi mahasiswa

Investasi mahasiswa

Investasi emas batangan

Logam mulia atau emas batangan merupakan produk investasi yang paling aman dari segi nilainya. Harga logam mulia ini stabil dan tidak terpangaruh oleh inflasi, maksudnya emas yang kita beli tahun  ini nilainya masih akan tetap sama bila kita jual di kemudian hari nanti. Emas batangan sendiri merupakan investasi jangka panjang yang baru bisa dirasakan hasilnya setelah 5 atau 10 tahun mendatang. Soal harga, memang tidak murah, apalagi bila kita memilih untuk membeli emas batangan dengan berat di atas 10 gram, yang berkisar antara Rp 5 juta (10 gram) hingga Rp260 juta (500 gram) . Dengan uang bulanan mahasiswa tentunya saja ini sangat mahal. Tapi bisa kita siasati dengan cara membeli emas batangan dengan potongan yang lebih kecil, sekitar 1-2 gram saja yang harganya sekitar Rp500 ribu hingga 1,3 juta. Selain lebih murah, potongan kecil ini juga lebih mudah untuk dijual bila sewaktu-waktu kita memerlukan dana cair dalam waktu cepat.

Investasi Reksadana

Reksanadana adalah investasi yang merupakan kumpulan dari dari banyak investor dan kemudian disebar keberbagai instrument investasi, misalnya saham, pasar uang, obligasi, dan lainnya. Reksadana bisa dibilang merupakan investasi yang tidak merepotkan, karena nantinya aka nada manajer investasi yang mengatur reksa dana tersebut, sesuai dengan tujuan investasi para investor. Jadi kita hanya tinggal menunggu keuntungan saja. Namun, tugas kita adalah memilih manajer investasi yang kredibel.

Saham

Kebanyakan orang menganggap saham merupakan investasio berisiko yang hanya orang-orang kalangan tertentu saja yang bisa melakukannya. Padahal, saham merupakan salah satu produk investasi yang memerlukan dana minim dan bisa dilakukan sejak dini. Seperti yang dilakukan oleh Warren Buffet, yang membeli saham pertamanya pada usia sebelas tahun! Tapi harus dipahami, saham merupakan investasi dengan resiko yang tinggi, karena itu kita harus memiliki bekal pengetahuan tentang investasi saham ini. Mulailah dengan membaca buku seputar investasi saham, atau berbincang langsung dengan mereka yang pernah melakukan investasi saham.

Selain dari ketiga investasi tersebut, ada satu investasi yang cocok untuk mahasiswa. Khususnya jika kita memiliki hobi makan, yaitu berbisnis kuliner. Nah, untuk kamu yang tertarik berbisnis ini, kenapa tidak mencoba untuk membuka sebuah kafe kecil yang menyediakan makanan Thailand paling diincar. Jika modal masih belum terlalu besar, cobalah membukanya dalam skala kecil terlebih dahulu. Bagaimana, menarikkan?

Semoga menginspirasi dan selamat berinvestasi! (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *