Ini yang Perlu Dilakukan Sebelum Fisioterapi

Fisioterapi merupakan salah satu tindakan medis yang wajib dilakukan pada beberapa orang tergantung kondisinya. Tindakan ini memiliki banyak jenis, ada yang membutuhkan alat tertentu dan ada juga tindakan yang tidak membutuhkan alat sehingga bisa dilakukan sendiri di rumah. Fisioterapi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum proses fisioterapi dilakukan, yaitu:

sebelum proses fisioterapi

sebelum proses fisioterapi

  • Kondisi medis

Pada saat Anda memiliki keluhan terkait kesehatan, Anda tidak bisa begitu saja melakukan fisioterapi meskipun mungkin Anda pernah mengalami masalah yang sama dan kemudian diselesaikan dengan fisioterapi tertentu. Anda tetap harus memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter spesialis sesuai dengan keluhan Anda. Jika menurut dokter Anda membutuhkan tindakan fisioterapi, maka dokter akan mengarahkan Anda untuk tindakan tersebut.

  • Konsultasi dengan dokter fisioterapi

Sebelum Anda benar-benar melakukan tindakan fisioterapi tertentu, biasanya dokter spesialis akan mengarahkan Anda ke dokter fisioterapi terlebih dahulu. Ceritakan semua keluhan Anda dan dokter fisioterapi akan menganalisanya untuk menentukan tindakan apa yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan Anda.

  • Obat-obatan yang dikonsumsi

Informasikan semua obat-obatan yang Anda konsumsi secara rutin pada dokter yang menangani kesehatan Anda, terutama dokter fisioterapi Anda. Meskipun saat proses fisioterapi tidak melibatkan obat apapun, tetapi mungkin saja salah satu tindakan yang dilakukan akan memengaruhi kinerja obat atau mungkin sebaliknya. Selain itu, Anda juga harus menceritakan riwayat kesehatan Anda apalagi jika Anda pernah mengalami masalah kesehatan yang cukup serius hingga menggunakan alat tertentu yang ditanam dalam tubuh. Misalnya seperti ring di area jantung atau sejenisnya.

  • Jadwal terapi

Cukup banyak orang yang mengabaikan jadwal terapi dengan menundanya, apalagi jika merasa bahwa kondisi kesehatannya sudah baik dan pada saat jadwal terapi bersamaan dengan kegiatan lain. Padahal kondisi yang membaik belum menandakan bahwa proses pengobatan telah selesai. Jika dokter fisioterapi Anda menjadwalkan untuk 6 kali terapi, maka lakukan sesuai jadwal meskipun Anda merasa sudah membaik. Sebab, dokter pasti memiliki alasan mengapa menjadwalkannya untuk 6 kali terapi.

Melakukan terapi sesuai dengan yang telah ditentukan sangatlah penting untuk kesehatan Anda. Jadi ada baiknya jika Anda tidak mengabaikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *