Ini yang Harus Dilakukan Saat Melihat Kecelakaan

Kecelakaan terkadang menjadi hal yang sulit dihindari karena bisa terjadi akibat berbagai hal. Baik akibat diri sendiri yang kurang fokus saat sedang berkendara, orang lain, ataupun faktor alam. Itulah sebabnya, banyak orang yang berusaha mengantisipasinya dengan asuransi kecelakaan diri. Meskipun asuransi ini tidak bisa mencegah terjadinya kecelakaan, tetapi setidaknya dapat mengurangi beban biaya pengobatan akibat terjadinya kecelakaan karena perusahaan asuransi yang akan menanggungnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah finansial saat mengalami kecelakaan.

Namun, bagaimana jika yang terlibat kecelakaan adalah orang lain? Asuransi kita jelas tidak bisa digunakan untuk membantu biaya pengobatannya. Lalu, bagaimana cara menolongnya?

menolong kecelakaan

menolong kecelakaan

Nah, jika Anda termasuk orang yang selalu ingin menolong saat melihat kecelakaan dan tidak hanya menontonnya saja, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Hubungi ambulance dan kepolisian

Segera kontak pihak kepolisian untuk melaporkan adanya kecelakaan di daerah tersebut. Selain itu, hubungi rumah sakit terdekat untuk meminta agar dikirimkan ambulance untuk mengangkut korban kecelakaan.

  • Periksa kondisi korban

Jika kondisi korban sangat parah dengan banyak luka yang mengeluarkan darah, Anda bisa membantunya dengan menekan luka korban menggunakan perban untuk menghentikan pendarahan. Jika memungkinkan, ada baiknya jika korban segera dibawa ke rumah sakit menggunakan mobil yang ada di lokasi. Namun waspadalah, jangan asal mengubah posisi korban, karena kesalahan kecil yang Anda lakukan bisa berakibat fatal pada kondisi korban. Jika tidak ada ahli medis di sekitar lokasi tersebut dan tidak ada juga yang berani melakukan pemeriksaan pada kondisi korban, maka ada baiknya jika tidak melakukan tindakan apapun hingga ambulance datang. Namun, jika korban masih sadar dan bisa bergerak tanpa masalah, ada baiknya jika segera dibawa ke rumah sakit terdekat.

  • Kuasai keadaan

Bantulah memberikan ruang pada korban untuk bernapas dengan membatasi jumlah orang di sekitar korban. Sebab, banyak sekali orang di Indonesia yang mendekati korban kecelakaan bukan untuk membantunya, tetapi hanya melihat-lihat saja. Padahal, semakin banyak orang yang berada di sekitar korban, pastinya akan membuat korban merasa tidak nyaman dan bisa menghambat proses evakuasi korban.

  • Amankan barang korban

Banyak sekali oknum tidak bertanggungjawab dan tidak berperasaan yang justru mengambil keuntungan dari terjadinya kecelakaan. Misalnya dengan mengambil barang berharga korban. Ada baiknya jika Anda membantu dengan mengamankan barang-barang korban. Selain itu, jika korban sudah jelas akan dibawa ke rumah sakit mana, ada baiknya jika Anda memanfaatkan ponsel korban untuk menghubungi keluarga korban. Saat ini sudah banyak ponsel yang dilengkapi dengan fitur fingerprints, cobalah membuka ponsel korban dengan menempelkan jari korban ke sensor fingerprints tersebut dan segera hubungi keluarganya.

Ingin segera menolong korban kecelakaan memang hal yang baik. Namun, jangan sampai niat baik Anda justru menjadi petaka. Semoga bermanfaat! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *