Ini Manfaat Menggunakan FMS (Fuel Management System)

Pernahkah Anda mendengar istilah fuel management system (FMS)? Bagi Anda yang sudah lama berkerja di bidang industri mungkin sudah sangat mengenalnya atau bahkan sudah memanfaatkannya. Nah, untuk Anda yang masih mempelajari berbagai hal mengenai industri, FMS merupakan bagian penting yang tidak boleh dilewatkan.

FMS (Fuel Management System)

FMS (Fuel Management System)

FMS merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk menghitung, memantau, menjaga, serta mengendalikan penggunaan bahan bakar dalam dunia industri termasuk pertambangan. FMS bekerja dengan cara memanfaatkan sebuah controller yang dipasang di setiap stasiun pengisian bahan bakar. Controller yang sudah terkoneksi dengan sistem FMS ini secara otomatis mendeteksi sekaligus mencatat setiap liter penggunaan bahan bakar untuk setiap kendaraan yang digunakan. Tidak hanya itu, adanya sistem satu ini bisa dijadikan sebagai bentuk laporan untuk catatan transaksi sekaligus pemakaian bahan bakar.

Untuk mempermudah pengaliran bahan bakar biasanya dibutuhkan fitting seperti check valve receiver (mengalirkan bahan bakar dengan tekanan rendah), nozzle Banlaw (memudahkan aliran bahan bakar karena bentuknya seperti pipa), dan oil & coolant fitting (mengalirkan minyak sekaligus cairan pendingin). Terdapat beberapa manfaat yang bisa dirasakan jika Anda menggunakan FMS ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi risiko salah perhitungan.

Salah satu manfaat yang diberikan oleh FMS adalah mampu mengurangi risiko salah perhitungan sekaligus ketidaktepatan ketika pengisian bahan bakar. Dengan begini, tentu risiko merugi pun bisa ditanggulangi dengan baik karena itulah dibutuhkan sistem ini pada area pertambangan.

  1. Memudahkan dalam pengisian bahan bakar.

Dengan adanya sistem satu ini semakin memudahkan pengisian bahan bakar karena pengguna bisa melihat angka literan pengisian bahan bakar untuk kendaraan mereka. Dengan begitu, tentu bisa mencegah pengisian tangki yang berlebihan.

  1. Mengidentifikasi perubahan tekanan.

Yang paling penting, sistem satu ini bisa mengidentifikasi jika terjadi perubahan tekanan seperti penyumbatan maupun kebocoran. Bukan cuma itu, FMS ini juga membantu mendeteksi level cairan dan masa pakai filter bahan bakar melalui alarm yang terintegrasi.

  1. Menyimpan data transaksi secara akurat.

Dan, penggunaan FMS ini bisa membantu menyimpan data transaksi pemakaian bahan bakar dengan sangat akurat. Kalau data sudah akurat, tentu tidak akan ada kesalahan perhitungan, kan?

Itu dia beberapa manfaat yang bisa didapat jika Anda menggunakan fuel management system (FMS). Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *