Ini dia Orang Yang Berjasa Membuat Batik Mendunia

Siapa yang tidak ingin memiliki batik terbaik Indonesia. Bahkan, orang luar negeri pun ingin memilikinya. Setelah tahu jika Indonesia memiliki warisan budaya yang begitu indah, berupa batik, tidak sedikit kolektor batik yang datang ke sini hanya untuk mendapatkan batik asli Indonesia. Bahkan, para desainer fashion dunia sudah biasa membuat desain dengan menggunakan batik sebagai salah satu komponennya.

Anne Avantie

Image : www.zimbio.com

Selain itu, data membuktikan nilai ekspor batik Indonesia tahun 2017 meningkat hingga 25,7%. Bukan tidak mungkin tahun mendatang batik menjadi kain menjadi trend di dunia internasional.

Namun, siapakah orang yang bisa dikatakan berjasa dalam memperkenalkan batik ini? Meskipun tidak ada data yang pasti, akan tetapi tidak salah jika Anne Avantie dianggap sebagai orang yang berjasa mengenalkan batik di dunia Internasional. Melalui ajang pencarian Miss Universe, Anne mencoba menunjukkan kepada dunia bahwasanya kain batik itu sangat indah. Sudah sekitar 15 tahun Anne ditunjuk sebagai desainer yang membuatkan baju untuk perwakilan Indonesia yang ikut di ajang Miss Universe.

Itu bukanlah satu-satunya kontribusi yang ia lakukan. Promosi tidak cukup jika tidak dibarengi dengan produksi. Oleh sebab itu, ia juga aktif membantu ribuan UKM untuk memproduksi batik dengan kualitas yang bagus agar batik bisa diterima oleh orang luar yang lebih menekankan pada kualitas.

Yang masih disayangkan adalah hanya beberapa jenis batik yang dikenal oleh orang luar negeri. Padahal, Indonesia memiliki puluhan motif batik yang berasal dari berbagai daerah. Oleh sebab itu, tidak hanya Anne Avantie saja yang berjuang sendiri untuk memperkenalkan batik di kancah internasional. Anda pun bisa berkontribusi. Dengan memakai batik ketika berlibur di luar negeri sudah cukup untuk memperkenalkan batik kepada orang dari negara lain. Selain itu, setiap kali ada orang dari negara lain, Anda bisa memberikan hadiah atau souvenir khas Indonesia berupa batik. Kontribusi kecil ini akan membuat Anne Avantie lebih mudah untuk mensukseskan misinya mengenalkan batik ke dunia internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *