Ini Dia Manfaat Tidur Cukup

Kurang tidur dan bergadang rasanya sudah menjadi gaya hidup manusia masa kini. Banyaknya aktivitas yang dilakukan serta kerjaan yang tak kunjung selesai mungkin menjadi salah satu alasannya. Kamu pun pasti merasakan hal tersebut, bukan? Duh, kalau sudah malam, jangankan membasuh muka dan menggunakan produk perawatan kulit wajah, untuk tidur pun bahkan tidak sempat! Banyak kerjaan yang deadline-nya besok pagi, nih!

Akah tetapi, tahukah kamu kalau the lack of sleep is counterproductve alias malah bikin kamu nggak produktif? Penelitian menunjukan bahwa tidur cukup mampu membantu kita untuk to do better, mampu mengingat informasi yang diberikan lebih lama, dan membuat mental kita tidak mudah goyah. Mau tahu hal terbaiknya alias manfaat dari tidur cukup? Here are three more reasons to make an early bedtime a priority.

Manfaat tidur cukup

Manfaat tidur cukup

Mengurangi risiko terkena flu

Menurut jurnal yang dipublikasikan oleh JAMA Internal Medicine, seseorang yang tidur kurang dari lima jam setiap hari akan lebih rentan terjangkit flu dan infeksi lainnya setiap bulan dibanding mereka yang tidur setidaknya delapan jam sehari.

Menjaga appetite hormones tetap stabil

Tubuh kita berisi dengan hormon-hormon yang terus bekerja setiap harinya. Salah satunya adalah hunger hormones seperti ghrelin, leptin, dan juga insulin. Nah, ketika kamu kurang tidur, semua hormon ini akan terganggu sehingga kamu akan merasakan lapar secara terus menerus. Bahkan, those who haven’t gotten enough rest have a tendency to choose higher-calorie “comfort” foods. Waduh, ada kemungkinan berat badan kamu meningkat nih kalau kurang tidur!

Mencegah Migrain

Sebuah penelitian di Korea mencoba mencari tahu apa penyebab migrain dari masyarakat setempat. Ternyata, diketahui bahwa kurang tidur, kelelahan, dan juga stress menjadi top three dari penyebab munculnya migrain. Senada dengan hal tersebut, sebuah penelitian yang dimuat oleh jurnal Headache menyebutkan bahwa perempuan yang mendapat cukup tidur setiap malamnya menunjukkan penurunan migrain yang cukup signifikan.

Nah, jadi gimana nih caranya mengatur waktu tidur supaya cukup? Mulailah dengan membuat jadwal tidur harian, latihan olahraga during the day, kurangi konsumsi kafein di siang hari, dan make sure kamar kamu sudah cukup gelap, sejuk, dan juga tenang untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Selamat mencoba! (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *