Ini Dia Beberapa Anggapan yang Salah Soal Dunia Bisnis

Banyak orang yang ingin berbisnis, namun tak sedikit pula yang masih belum memahami benar tentang bisnis yang ingin dijalani. Akhirnya, karena menjalani bisnis tanpa persiapan, maka pinjaman uang yang didapatkan bisa berujung sia-sia. Nah, agar kamu tidak merugi saat berbisnis, coba cek anggapan yang salah soal dunia bisnis ini agar kamu tidak terjebak di lubang yang sama.

  1. Mudah mencari modal. Banyak yang mengatakan bahwa mencari modal untuk usaha sangatlah mudah, terlebih dengan adanya perusahaan yang memang berfokus pada pendanaan usaha. Entah itu bank, koperasi, atau bahkan lembaga pembiayaan lainnya. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar, lho. Sebab bank dan lembaga pembiayaan tidak akan sembarangan dalam memberikan pinjaman modal usaha yang diajukan. Pastinya ada berbagai pertimbangan yang mereka pikirkan sebelum menggelontorkan dana.
  2. Bebas menentukan waktu kerja. Memang sih, ketika kita melakukan bisnis, waktu bekerja kita tidak akan terpatok seperti bekerja di kantor. Hanya saja, bukan berarti kita bisa bebas menentukan waktu kapan harus bekerja dan kapan tidak. Kita tidak bisa menentukan waktu bekerja berdasarkan mood atau ketika ‘sedang ingin’ saja. Konsistensi ketika berbisnis merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Hanya saja, menjalani bisnis sendiri memang lebih fleksibel. Dalam artian, ketika kita butuh mengurus sesuatu, maka bisnis ini bisa di-hold sebentar atau meminta kerabat yang sudah dipercaya untuk menggantikanmu selama beberapa jam.
  3. Berisiko, tapi untungnya besar. Nah, ini nih mindset yang banyak dianut oleh mereka yang baru memulai bisnis. Konon jika kita berani mengambil risiko, maka return yang akan didapat juga besar. Prinsip ini salah, sebab bisnis tidak hanya sekadar untung-untungan saja. Kita harus jeli dalam mempertimbangkan risikonya dan menjalankan bisnis dengan penuh pertimbangan. Belum tentu bisnis yang berisiko besar akan mendatangkan untung besar dan begitu juga sebaliknya.
  4. Lebih enak jadi pebisnis dibanding jadi karyawan. Anggapan ini mungkin benar, namun juga salah. Tidak semua orang senang menjadi pebisnis yang harus mandiri dan bisa bertanggung jawab dengan keadaan pasar yang terus berubah. Hal ini juga berlaku untuk para pebisnis, yang tidak bisa duduk diam di kantor dan mengerjakan hal yang sama setiap harinya. Jadi, tidak ada yang lebih baik antara pebisnis atau karyawan. Semua kembali lagi pada pola pikir dan tujuan hidup yang ingin dicapai.

Itu dia beberapa anggapan yang salah sasaran untuk kamu yang baru memulai bisnis. Untuk itu, jika memang ingin berbisnis, selalu ingat untuk membuat perencanaan yang matang, ya! Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *