Ini Dia 5 Manfaat Nonton Film

Kabar gembira buat kamu yang hobi nonton film! Selain sebagai huburan, nonton film ternyata memiliki banyak manfaat, lho! Mulai dari menambah wawasan, hingga mengasah kemampuan berpikirmu. Nah, berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Memperluas wawasan

Film tidak hanya sekedar hiburan namun juga dapat menjadi media pembelajaran dan menambah wawasan. Film-film dengan tema sosial misalnya, dapat membuka wawasanmu tentang isu-isu yang ada di sekitar lingkungan kita atau film bertema sejarah yang bisa menambah pengetahuanmu tentang sejarah yang mungkin tidak kita dapatkan pada pelajaran sekolah.

Manfaat nonton film

Manfaat nonton film

  1. Menginsipirasi

Mungkin kamu pernah menonton film Pursuit of Happines, atau Mimpi Sejuta Dolar, kedua film tadi dibuat berdasarkan kisah nyata si pemeran utama untuk mendapatkan keberhasilan dan kebahagiaan dalam hidup. Kamu diajak untuk melihat bahwa hidup dari perspektif lain dan secara tidak langsung memotavasimu, bahwa kamu dan orang biasa lainnya bisa juga berhasil, asal mau berusaha!

  1. Relaksasi dan penghilang stress

Kebanyakan orang menonton film sebagai alternatif cara penghilang stress. Cerita di dalam film membuatmu sejenak melupakan masalah yang ada di kehidupan nyata, misalnya tumpukan tugas sekolah atau stress karena deadline pekerjaan. Agar pengalaman menonton lebih terasa rileks, biasanya orang akan membuat suasana menonton yang senyaman mungkin. Misalnya saja bila kamu menononton di bioskop, maka kamu akan disuguhkan dengan tempat duduk yang nyaman dan empuk serta AC yang sejuk. Sementara bila kamu menonton di rumah, kamu bisa membuat cemilan untuk menemanimu menonton di sofa atau tempat tidur yang nyaman. Tapi, bila kamu memilih untuk menonton film di bioskop, jangan lupa ada beberapa etika dalam bioskop yang tidak bisa dilanggar ya, demi kenyamanan menonton bersama.

  1. Mengasah kemampuan berpikir analitikal

Bila sebagian orang menonton film untuk menghilangkan stress, maka ada juga yang sengaja menonton film untuk mengasah kemapuan berpikir analitikalnya. Film-film bertema detektif biasanya menjadi pilihan tontonan mereka, misalnya saja Murder on Orient Express atau Serial Sherlock Holmes. Mereka biasanya tidak hanya sekedar menikmati alur cerita namun juga berusaha untuk ikut memecahkan misteri pada film tersebut.

  1. Mempererat hubungan

Yup, film ternyata bisa menjadi media untuk mendekatkanmu dengan teman atau keluargamu. Karena, biasanya kamu akan mendiskusikan film tadi setelah selesai. Tapi, jangan sampai kamu malah memberikan spoiler di tengah-tengah film ya, bukannya mempererat, kamu malah justru bisa menjadi musuh dengan temanmu, lho!

 Itu tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari menonton film, kalau kamu manfaat apa saja yang kamu rasakan? (RAW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *