Ini Cara Mencegah Nasi Goreng Menggumpal

Hampir semua orang menyukai nasi goreng, baik yang membeli dari restoran, membuat dengan racikan bumbu sendiri, atau pun membuat dengan menggunakan fried rice seasoning with meat. Memang, nasi goreng merupakan menu makanan nikmat dan juga praktis untuk dibuat. Apalagi topingnya bisa menyesuaikan dengan selera sehingga Anda lebih mudah berkreasi.

Sayangnya, terkadang ada satu masalah yang membuat nasi goreng, khususnya buatan sendiri, jadi terasa kurang nikmat, yaitu banyaknya gumpalan pada nasi. Akibatnya bumbu tidak bisa tercampur dengan rata sehingga mengurangi kenikmatannya. Nah, jika Anda sering mengalaminya, Anda bisa coba untuk mengatasinya dengan cara ini:

Membuat Nasi Goreng

Membuat Nasi Goreng

  • Gunakan wajan anti lengket

Wajan yang lengket akan membuat proses memasak jadi tidak menyenangkan. Sebab, nasi akan menjadi lengket dan sulit untuk dicampur. Akibatnya bumbu tidak tercampur secara merata dan bagian nasi yang sempat lengket bisa menjadi gumpalan-gumpalan nasi ketika lepas.

  • Jangan menggunakan nasi yang baru matang

Nasi yang baru matang biasanya memilih tekstur yang lengket sehingga akan sulit untuk dipecah. Walaupun Anda berusaha untuk memisahkan butiran-butiran nasi, hal ini tetaplah sulit untuk dilakukan dan justru nasi akan membentuk gumpalan-gumpalan berbagai ukuran. Ada baiknya jika Anda ingin memasak nasi goreng di pagi hari, Anda sudah memasaknya sejak malam hari sehingga tekstur nasi sudah siap untuk digunakan pada pagi harinya.

  • Gunakan nasi jenis pera

Nasi jenis pera merupakan pilihan tepat untuk pembuatan nasi goreng karena teksturnya yang tidak lengket antar butirannya. Dengan begitu, nasi tidak akan menggumpal dan bumbu dapat menempel sempurna pada setiap butir nasi. Namun untuk Anda yang tidak suka nasi pera, bisa menggunakan nasi pulen tetapi waspada saat memasaknya. Pastikan airnya tidak terlalu banyak sehingga membuat nasi menjadi lengket.

  • Waspada penggunaan telur

Telur menjadi campuran nasi goreng yang paling umum. Jika Anda ingin menggunakannya sebagai campurannya, pastikan untuk memasukkannya di awal sebelum memasukkan nasi. Pastikan telur telah matang atau setidaknya setengah matang tetapi tidak ada bagian yang basah. Sebab bagian telur mentah ini bisa membuat nasi menjadi lengket dan menggumpal.

Semoga informasi dan cara di atas bisa membuat Anda terhindar dari masalah nasi menggumpal saat menggoreng nasi. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *