Ini Cara Maksimal Manfaatkan Cloud Storage

Saat ini space penyimpanan data berkapasitas besar sangat dibutuhkan oleh hampir semua orang untuk beragam kebutuhan. Ini terlihat dari makin larisnya penjualan hard disk external di pasaran. Bahkan, beberapa produsen harddsik external pun masih memberikan bonus berupa layanan cloud Indonesia yang bisa digunakan sebagai tambahan tempat penyimpanan atau backup data. Pertanyaannya kemudian adalah, buat apa sih punya layanan cloud kalau sudah punya harddisk external? Nah, in

Maksimal gunakan cloud storage

Maksimal gunakan cloud storage

i nih yang bisa kamu lakukan untuk memandaatkan space dari cloud storagemu, check these out!

Back up seluruh file

Meski saat ini sudah banyak penyedia layanan cloud yang memberikan penyimpanan cloud gratis seperti icloud atau dropbox, namun biasanya masing-masing hanya cocok digunakan untuk satu jenis file saja, misalnya Google Play Music untuk menyimpan dan memutar musik dan playlist favorit dan lain sebagainya. Selain itu, service cloud tersebut biasanya space yang diberikan juga tidak terlalu besar, berbeda dengan dedicated cloud storage yang bisa digunakan hingga 1 TB. Dengan besarnya kapasitas penyimpanan cloud yang ditawarkan oleh provider ini, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk membackup semua data atau filemu. Tidak perlu lagi, tuh, membuka provider cloud yang berbeda untuk menyimpan semua file-mu.

Unggah dokumen foto berkualitas tinggi

Path, twitter, atau instagram biasanya secara otomatis akan mengecilkan resolusi foto yang diunggah, sehingga membuat kualitasnya tidak sebaik foto aslinya. Karena itulah, social media bukanlah tempat yang tempat untuk menjadi backup foto-foto hasil jepretanmu. Manfaatkanlah penyimpanan cloud untuk menyimpan semua foto-fotomu dengan resolusi tinggi tanpa harus menurunkan kualitasnya. Beberapa layanan cloud bahkan bisa langsung mengunggah secara otomatis dari smartphonemu. Jadi, tidak perlu repot harus memindahkannya ke laptop atau komputer dan kemudian memindahkannya lagi ke cloud storage.

Gunakan sebagai file server

Selain untuk menyimpan dan membackup dokumen, cloud storage juga bisa digunakan sebagai file server, sehingga file yang sudah kamu simpan tadi bisa diakses oleh orang lain. Tentu saja bila kamu tidak ingin banyak orang yang mengakses serta mengunduh file tersebut, kamu bisa memilih opsi bahwa hanya mereka yang memiliki link atau mereka yang memang kamu beri akses sajalah yang dapat mengunduhnya atau meng-editnya.

Membuat kuisinoner

Selain berhubungan dengan penyimpanan dan backup data, cloud storage juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat kuisioner. Misalnya saja dengan Google Drive yang memungkinkan kamu berbagi akses dokumen seperti spreadsheet yang bisa diedit oleh mereka yang memiliki link dan aksesnya.

Menyimpan dan mengakses musik dan playlist favoritmu

Kadang ketika kamu harus menggunakan laptop orang lain yang bukan milikmu, rasanya jadi hampa karena pastinya tidak semua musik favoritmu di dalam laptop tersebut. Nah, manfaatkan saja cloud storage untuk menyimpan dan mengakses musik favoritmu di mana saja, kapan saja.

Sebelum menggunakan cloud storage dengan maksimal, jangan lupa untuk memeriksa dulu keamanan dari penyedia atau provider layanan tersebut agar data yang kamu simpan tetap aman. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *