Ini, Bahaya Tidur Tanpa Menghapus Make-Up!

Apa kebiasaanmu saat hendak tidur malam setelah berada di luar rumah seharian? Kalau jawabanmu adalah membersihkan make-up di wajah dengan Ovale pembersih wajah, maka kamu artinya kamu memiliki kebiasaan yang baik. Yup, membersihkan wajah dari sisa make-up sebelum tidur merupakan hal yang wajib dilakukan oleh wanita bila ingin kulit wajahnya tetap sehat. Sayangnya, entah karena terlalu capai atau alasan lainnya, tidak sedikit wanita yang langsung tidur tanpa menghapus make-up-nya. Padahal, ada banyak bahaya yang mengincar kulit wanita yang disebabkan oleh sisa-sisa maku-up ini. Masih tidak percaya?

Berikut ini beberapa bahaya yang bisa menimpa kulit wajah karena kebiasaan tidur tanpa cuci muka yang perlu kamu tahu, di antaranya:

Pori-pori membesar dan muncul jerawat

Sisa make-up yang menempel pada wajah saat tidur dapat menyumbat pori-pori kulit wajah dan menyebabkan minyak terjebak di dalamnya. Akibatnya adalah menumpuknya bakteri serta membesarnya pori-pori kulit. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa menyebabkan munculnya jerawat kulit kemerahan karena peradangan/iritasi kulit.

Tidur dengan make-up

Tidur dengan make-up

Penuaan dini

Pada saat tidur, kulit akan melakukan regenerasi sel untuk mengganti sel kulit yang mati dengan sel kulit yang baru. Sementara, menumpuknya sisa make-up pada wajah akan menggantu poses regenerasi sel ini yang menyebabkan kulit menjadi cepat menua dan mudah keriput.

Infeksi mata

Make-up mata, seperti maskara atau eyeliner, yang tidak dibersihkan bisa saja masuk ke dalam mata dan menyebabkan iritasi seperti mata kemerahan dan gatal. Ini karena sisa-sisa maskara dan eyeliner ini bisa menyumbat folikel serta membuat bakteri dapat berkembang biak dan menginfeksi mata.

Bulu mata rontok

Selain iritasi pada mata, maskara dan eyeliner juga bisa menyebabkan bulu mata mengalami kerontokan. Hal ini dikarenakan penyumbatan folikel yang menyebabkan akar buku mata menjadi lemah dan mudah rontok. Duh, gak mau, kan, bulu matamu menjadi botak karena malas membersihkan make up?

Bibir pecah dan menghitam

Pengin punya bibir yang lembut dan berwarna pink segar namun malas untuk bersih-bersih make-up? Duh, susah sekali, deh, tercapai. Soalnya, bekas lipstick yang menempel selama semalaman bisa mengganggu proses regenarasi kulit bibir. Sehingga selain menyebabkan bibir yang kusam dan menghitam, juga dapat membuatnya menjadi kering dan pecah-pecah,duh.

Akan tetapi, jangan asal saat membersihkan make up dari wajah, ya. Membersihkan wajah dengan cara yang benar juga harus diperhatikan, tidak boleh asal-asalan, agar kesegaran dan kesehatan kulit wajah tetap terjaga.  Jadi masih tetap malas membersihkan make-up sebelum tidur? Sebaiknya segera hilangkan kebiasaan malas ini, ya! (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *