Punya Properti Menganggur? Jadikan Bisnis Saja!

Jika Anda memiliki properti yang kosong, jangan terburu – buru menjualnya. Semasa industri properti Indonesia masih belum menunjukkan perkembangan, ada baiknya Anda berpikir kembali untuk membuka bisnis dari properti yang Anda miliki. Anda dapat membuka restoran, atau café yang sedang digandrungi oleh banyak kalangan muda, atau Anda juga bisa membuka jasa penyewaan ruang seperti kost ataupun kontrakan.

Terlebih jika properti yang ingin Anda jadikan tempat bisnis terletak di lokasi yang strategis, seperti dekat dengan sekolahan, atau universitas, atau daerah perkantoran, atau tempat banyak orang dengan berbagai rentang usia berlalu Lalang. Maka diubah menjadi bentuk apapun, properti Anda akan ramai dikunjungi.

ide bisnis properti menganggur

ide bisnis properti menganggur

Beberapa pilihan yang mungkin Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Café

Jika Anda memiliki properti yang cukup luas, and dapat menyulapnya menjadi kedai kopi atau café kecil. Jual lah makanan ringan yang tidak sulit untuk dimasak dan dapat mengenyangkan pelanggan dengan harga terjangkau. Jangan lupa untuk menyediakan kopi yang juga tak kalah enaknya. Jika Anda tidak ingin memasak makanannya sendiri, Anda juga dapat menyewakan ruang yang dapat digunakan sebagai tempat orang lain menitipkan  makanan mereka dengan pembagian untung yang bisa Anda atur.

  1. Kost dan kontrakan

Jika Anda memiliki modal untuk merombak atau menambah furniture properti anda, Anda dapat membuka penyewaan kamar per hari atau bahkan membuka kos – kosan. Namun jika Anda tidak berminat untuk menyewakan properti Anda untuk dibagi – bagi dengan banyak orang, Anda dapat memberikan penyewaan sebagai kontrakan yang biasa dipakai tahunan dan tidak banyak dikunjungi oleh orang luar.

  1. Coworking Space

Coworking Space adalah bisnis yang masih populer untuk dikembangkan dewasa ini. Semakin banyak nya freelancer yang membutuhkan tempat untuk bekerja dan berdiam lama membuat tuntutan akan kebutuhan coworking space juga meningkat. Oleh karena itu ada baiknya jika Anda menyulap properti Anda menjadi sebuah coworking space. Sediakan pula snack dan camilan agar member dari coworking space Anda merasa nyaman dan kembali datang.

  1. Hybrid

Selain beberapa pilihan di atas, Anda juga dapat menggabungkan beberapa atau bahkan seluruh pilihan di atas apabila properti Anda memiliki area yang cukup luas. Jangan lupa untuk mempertimbangkan lahan untuk parkir apabila Anda membuka properti Anda untuk umum.

Demikian beberapa ide yang bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis menggunakan properti Anda yang tidak sedang digunakan. Bisa jadi salah satu ide diatas dapat Anda tekuni dan menjadi hobi baru bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *