Hutan Beton di NY Kembali Bertambah

Jika bicara tentang gedung-gedung tinggi, ingatan kita pastinya akan terarah pada konstruksi beton dan juga besi. Persiapan rumit yang harus dilakukan mulai dari penyediaan alat berat, penyediaan material bangunan seperti mencari tempat jual pagar beton precast, mencari besi untuk konstruksi bangunan, semen, pasir, kerikil, dan lain sebagainya, hingga menyewa jasa kontraktor merupakan hal yang harus dilakukan untuk membuat sebuah gedung tinggi. Belum lagi mengurus perizinan bangunan yang cukup rumit dan berbelit. Tentunya, proses pembangunan gedung memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. 

"Hutan beton" kota New York

“Hutan beton” kota New York

Namun demikian, semua hal tersebut tidak memupus harapan sebagian orang untuk tetap mendirikan bangunan tinggi. Seperti di New York, misalnya. Kota yang tidak pernah tidur ini berencana untuk kembali mendirikan gedung tinggi di tengah lautan hutan beton tersebut. Meski sudah berulangkali ditegur oleh warga yang hidup di sana, tampaknya niat untuk membangun tidak pernah surut.

Di antara 17th dan 18th Street, HFZ Capital berencana membangun gedung baru tersebut. Investor yang sudah lama melanglang buana di dunia properti ini dikabarkan akan menguncurkan dana sebesar $870 juta untuk pembangunannya. Proyek ini dinamakan 76 Eleventh Avenue, di mana Bjarke Ingels Group (BIG) ditunjuk untuk merancang desain bangunannya. Luas lahan yang akan diubah menjadi gedung adalah sebesar 7,43 hektar dan direncanakan untuk memiliki dua bangunan: menara barat dan menara timur. Ketinggiannya diperkirakan akan mencapai 122,5 meter untuk menara barat dan 92,05 meter untuk menara timur.

Gedung bertingkat ini akan digunakan sebagai usaha ritel dan juga hotel. Di dalamnya akan tersedia juga galeri dan kondominium yang berjumlah 300 ruang. Bangunannya direncanakan akan menghadap ke arah High Line—sebuah taman yang dibentuk pada ketinggian tertentu pada rel kereta—dengan bentuk arsitektur yang diagonal. Diperkirakan bangunan ini akan selesai pada tahun 2018 dan dijual seharga $1.100 per kaki perseginya. Hmm mahal sekali, ya! Tertarik untuk menempati gedung baru ini dan menikmati pemandangan High Line? Tunggu sampai bangunan ini selesai dibangun, ya! (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *