Halaman Belakang yang Fungsional

Seringkali, halaman belakang hanya dijadikan sebagai penghias saja atau sebagai ‘pemanis’ di setiap properti Indonesia. Anda pun tentunya menyadari hal ini, bukan? Coba tengok lahan belakang rumah Anda, apakah Anda sudah membuatnya menjadi lahan yang fungsional ataukah hanya disulap menjadi sebuah taman yang membosankan? Padahal, halaman belakang bisa dimanfaatkan untuk menambahkan fungsi di hunian Anda, lho. Mulai dari menjadi tempat bersantai, menjadi tempat aktivitas bersama keluarga, hingga menjadi sarana rekreasi yang murah karena tidak perlu keluar rumah. Misalnya melengkapinya dengan papan seluncur.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat halaman belakang rumah Anda menjadi tempat yang fungsional?

Pasang meja piknik 

Meja piknik di halaman belakang

Meja piknik di halaman belakang

Daripada membiarkan halaman belakang kosong melompong dengan rerumputan hijau yang membosankan, cobalah untuk menambahkan meja kayu panjang atau yang sering dikenal sebagai meja piknik. Meja ini biasanya dilengkapi juga dengan kursi yang menyatu dengan badan meja. Tentunya akan sangat menyenangkan sekali bukan jika Anda bisa berpiknik di akhir pekan dengan meja ini? Keluarga dan kerabat pastinya akan sangat senang ‘nongkrong’ di halaman belakang rumah Anda.

 

Gunakan hammock untuk bersantai

Hammock halaman belakang

Hammock halaman belakang

Pernah berpikir untuk bersantai seperti di pantai? Belilah sebuah hammock dan mimpi Anda akan menjadi kenyataan. Sulap halaman belakang rumah Anda menjadi pantai kecil milik pribadi dengan memasang hammock di antara dua pohon, membuat kolam kecil, dan juga memasang meja kecil. Wah, akhir pekan Anda akan sangat menyenangkan dengan sensasi berjemur sambil meminum jus jeruk!

 

Olahraga seru dengan trampolin

Jarang berolahraga bersama si kecil? Mengapa tidak manfaatkan halaman belakang rumah untuk menjadi tempat training yang tepat? Tinggal membeli sebuah trampolin dan jadilah tempat olahraga yang seru dan juga menyenangkan. Sensasi berlompatan di atas trampolin tidak akan tergantikan dengan apa apun.

Jadikan halaman belakang sebagai tempat untuk camping

Terkadang, banyak orang yang berpikir bahwa rekreasi haruslah dilakukan dengan bepergian. Padahal, hal itu tidaklah tepat. Anda juga bisa kok membuat si kecil merasakan kehidupan di dunia luar dengan mengajaknya berkemah. Di akhir pekan, cobalah untuk mendirikan tenda di halaman belakang dan membuat acara camping. Biarkan anak merasakan sensasi tidur di luar ruangan dengan bintang-bintang yang bertaburan di atasnya.

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengubah halaman belakang Anda menjadi sesuatu yang fungsional. Selamat mencoba! (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *