Foto Lanskap Kota Ala Wes Anderson

Jika mendengar nama Wes Anderson, yang terlintas di benak kita adalah bangunan-bangunan cheap jerseys bernuansa animatik dengan permainan warna yang kaya. Entah berupa bangunan hotel, best premium facilities apartment, atau bahkan rivalry lanskap kota yang kental dengan bentuk geometris dan gambar-gambar yang magis. Semuanya tergambar dalam latar belakang film-film garapan Wes Andersen, mulai dari The Grand Budapest Hotel, The Life Aquatic with Steve Zissoud, atau bahkan The Royal Tenenbaums. Rasanya menyenangkan sekali melihat bangunan-bangunan aneka warna dan juga menimbulkan kesan imajinatif tersebut. Seru sekali, ya, jika bisa melihat setting film tersebut di dunia nyata!

Nah, bagaimana his jika latar belakang dalam film Wes Anderson itu benar-benar ada? Seorang fotografer bernama Ben Thomas berhasil membuktikannya.

Foto kota ala Wes Anderson

Foto kota ala Wes Anderson

Jika selama ini fotografer lebih sering memfokuskan objek fotonya pada lanskap pemandangan alam, cheap jerseys maka Ben Thomas sungguh berbeda. Fotografer yang berasal dari Australia ini justru lebih senang memfokuskan lensanya pada kehidupan perkotaan. Bangunan-bangunan tinggi, nuansa sibuk, dan konstruksi khas kota yang biasa terasa dalam setiap foto dengan cheap jerseys tema cities, diubah sedemikian rupa oleh Ben. Ia berkeliling London, Paris, Hong Kong, dan juga Shanghai untuk memotret nuansa kota dan menyulapnya menjadi ‘gaya’ Wes Andersen.

Misalnya saja dalam salah satu foto yang menampilkan seorang perempuan dengan baju kuning tengah menyeberang jalan di zebra cross. Di dalam foto tersebut, Ben Thomas mengubah pencahayaan dan pewarnaan tone dalam foto dengan menggunakan Photoshop. Hasilnya benar-benar Hes mirip dengan gaya Wes Anderson ketika memproduksi film The Grand Budapest Hotel. Mulai dari bangunan-bangunan ala mediteranian, penggunaan warna yang khas, dan juga kesan animatik. Tidak akan ada yang percaya jika foto tersebut benar-benar diambil di permukaan bumi dan bukannya ilustrasi.

Foto ala Wes Anderson

Foto ala Wes Anderson

Kamera Ben Thomas merekam bentuk-bentuk geometri dari bangunan kota, komposisi ketinggian bangunan, dan juga permainan warna. Dalam serial foto yang dirilisnya dalam album Chroma, Ben Thomas menyajikan foto-foto dengan tipe color block, minimalis, dan juga komposisi ala lukisan yang magis. Meski kehidupan urban terkadang bisa membuat seseorang merasa terasing, foto dari Ben Thomas justru terasa sebaliknya: hangat dan juga terasa retro. (Tr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *