Elemen Penting dalam Kartu Pengenal Karyawan

ID Card atau kartu tanda pengenal karyawan merupakan hal penting yang wajib dimiliki   oleh setiap perusahaan. Kantor atau perusahaan dapat menyediakan kartu tanda pengenal karyawan ini dengan dua cara, yakni mencetaknya sendiri melaui mesin cetak yang bisa dibeli di toko yang jual printer ID card, atau dengan mencetak di percetakan khusus. Mana pun cara yang dipilih tentu bebas saja, sesuai dengan kebutuhan, yang terpenting, elemen-elemen dalam ID card yang wajib ada tidak boleh terlupakan. Ya, elemen-elemen ini harus ada demi ID card yang baik dan mampu mewakili perusahaan tersebut.

Apa saja elemen penting dalam sebuah kartu identitas karyawan atau ID card ini? Berikut elemen-elemen tersebut:

Elemen penting ID card - kartu pengenal karyawan

Elemen penting ID card – kartu pengenal karyawan

Logo perusahaan

Selain sebagai tanda pengenal atau identitas karyawan, ID card juga memiliki peran sebagai alat marketing dan branding dari perusahaan. Maka dari itu logo dari perusahaan menjadi elemn penting yang tidak boleh terlewatkan dalam desain sebuah ID card. Desain dan penempatan logo perusahaan haruslah jelas, dan disertai dengan gambar dan warna yang jelas pula. Untuk menghindari pemalsuan ID card, Anda juga bisa memberikan alat pengamanan tambahan, misalnya saja dengan membat logo hologram yang berubah warna ketika kartu digerakkan kea rah tertentu atau terkena cahaya.

Foto pegawai

Elemen satu ini tentunya merupakan elemen yang paling umum ditemukan dalam ID card. Adanya foto pegawai di dalam ID card berguna untuk memastikan keaslian atau kepemilikan dari ID card tersebut. Karenanya agar lebih aman, pastikan setiap ID car memiliki foto dan dikenakan oleh pegawai setiap hari.

Identitas karyawan

Informasi mengenai karyawan, seperti nama dan jabatan sangat penting dibubuhkan pada ID card untuk memudahkan identifikasi baik dalam perusahaan maupun oleh konsumen atau klien. Mengingat tempat dalam ID card yang terbatas maka informasi yang dicantumkan tentunya harus dipilih sesuai dengan kepetingan.

Jargon perusahaan

Seperti disebutkan sebelumnya, ID card merupakan media marketing dan branding perusahaan. Selain logo, elemen penting lain yang bisa membantu fungsi ID card sebagai media marketing adalah tagline atau jargon perusahaan yang dicantumkan pada ID card.

Jadi, lain kali Anda membuat atau mendesain ID card untuk perusahaan Anda, pastikan semua elemen penting ID card tadi jadi hal yang pertama Anda masukkan. Semoga berguna. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *