Dampak Negatif Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

Banyak orang yang mengonsumsi suplemen untuk kesehatan tubuh secara rutin untuk mencegahnya dari serangan penyakit. Bahkan, agar efeknya maksimal, mereka akan memerhatikan secara detail suplemen yang dikonsumsi dan tidak sembarangan mengonsumsi suplemen kesehatan yang mengklaim produknya terbaik. Sayangnya, kebiasaan baik ini terkadang tidak disertai dengan kebiasaan makan yang baik pula, salah satunya terkait dengan konsumsi garam.

Memang, tanpa garam makanan memang terasa hambar. Namun, terlalu banyak mengonsumsi garam juga tidak bagus loh untuk kesehatan. Sebab zat aditif yang terdapat di dalam garam tersebut, bisa menimbulkan efek negatif bagi tubuh.Beberapa di antaranya yaitu; (source: alodokter)

Dampak negatif banyak makan garam

Dampak negatif banyak makan garam

  1. Diserang penyakit asma. Asma merupakan penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuh dan bisa ditandai dengan peradangan serta penyempitan saluran pernapasan sehingga bisa membuat seseorang sulit ketika bernapas. Menurut hasil lansiran dari alodokter, penyakit asma ini bisa mengalami peningkatan jika penderita terlalu banyak mengonsumsi garam sampai tiga gram sekali makan. Padahal, setiap hari penderita hanya diperbolehkan mengonsumsi sekitar 0,5 – 1,7gram.
  2. Berat badan meningkat. Menurut sejumlah penelitian, terlalu banyak mengonsumsi garam bisa meningkatkan berat badan. Namun, sebenarnya bukan garam lah yang membuat berat Anda naik, akan tetapi makanan yang dikonsumsi, seperti misalnya makanan cepat saji. Makanan ini merupakan perpaduan sodium, lemak jenuh, dan gula sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek mudah haus dan akibatnya malah membuat Anda banyak minum air putih. Kondisi ini tentu dapat meningkatkan retensi air di dalam tubuh, sehingga berdampak pada kenaikan berat badan.
  3. Meningkatkan tekanan darah. Penelitian juga mengungkapkan konsumsi garam dalam jangka panjang bisa membuat tekanan darah mengalami peningkatan. Jika sudah begini, tentu dampaknya dapat mengakibatkan penderita lebih mudah terserang sakit kepala bahkan mengalami hipertensi. Namun, untuk kondisi ini memang dibutuhkan penelitian lebih lanjut.
  4. Chinese Restaurant Sydrome. Jangan langsung berpikir jika ini adalah restaurant China yang menjual makanan enak, melainkan sebuah penyakit yang bisa membahayakan tubuh. Apabila penderita mengalami kondisi ini, biasanya akan muncul nyeri pada bagian dada, merasa kesemutan, tubuh terasa lemah, menderita sakit kepala, selalu merasa mengantuk, dan sebagainya. Nah, kondisi ini terjadi karena mengonsumsi lebih dari tiga gram dalam sehari.

Itulah beberapa dampak negatif yang bisa ditimbulkan apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi garam. Akan tetapi, efek negatif yang diberikan ini tentu harus diteliti lebih lanjut, agar tidak menimbulkan masalah. –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *