Dampak Buruk Internet Kantor yang Lemot dan Tidak Stabil

Paling males nggak sih kalau lagi banyak  kerjaan tapi internet kantor lemot, parahnya lagi mati total? Duh, kalau sudah seperti ini sih, rasanya menyelesaikan kerjaan saja sudah tidak semangat. Bawaannya ingin melipir saja ke café ber-wifi kencang, ngopi-ngopi cantik sambil menyelesaikan kerjaan yang tertunda, itu juga kalau tidak terdistraksi dengan hal-hal menarik lain di café. Sebab, sesungguhnya pekerjaan akan lebih maksimal bila dikerjakan di kantor,  bukan di café. Itulah kenapa, penting sekali memiliki internet kantor dengan kecepatan tinggi dan stabil. Tanpa koneksi internet yang kencang, siap-siap saja beberapa masalah bisa terjadi di kantor.

Ini, nih, beberapa masalah yang bisa terjadi kalau internet kantor mati dan lemot:

Stress internet kantor lemot

Stress internet kantor lemot

Pekerjaan terganggu

Masalah satu ini sudah tidak usah dipertanyakan lagi. Segala pekerjaan dan proyek yang harus dilakukan pada hari itu bisa saja sangat terganggu dan molor dari jadwal bila internet di kantor lemot. Apalagi kalau proyek yang dikerjakan berhubungan dengan dunia digital yang tentunya membutuhkan koneksi internet cepat dan stabil.

Semangat kerja menurun

Bagaimana tidak? Bayangkan, kita sudah membuat rencana apa saja yang akan kita kerjakan hari itu, namun ketika sampai di kantor kita disambut dengan koneksi internet yang lambat. Hancur sudah semua rencana awal kita. Well, memang sih kita masih bisa mencari jalan keluar dengan bekerja di café atau kantin kantor yang ber-wifi, tapi tentu saja suasananya tidak akan semendukung ketika kita bekerja di kantor. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk memesan makanan dan minuman yang dipesan tidaklah sedikit, tentunya akan membuat kita berpikir dua kali untuk pindah kerja di café kan?

Hubungan antar karyawan yang kurang harmonis

Apa kaitannya koneksi internet dengan hubungan antar karyawan? Oke, mari kita lihat contoh berikut. Suatu hari internet kantor melambat, kemudian A memergoki B tengah asik menonton Youtube dengan lancar, padahal A tidak dapat membuka emailnya sama sekali. Ini tentunya akan membuat A merasa dongkol bukan? Belum lagi kekesalan karyawan lain terhadap bagian IT yang dianggap bertanggung jawab terhadap kecepatan internet kantor.

Kepercayaan klien yang berkurang

Seperti dibahas sebelumnya, internet kantor yang lambat membuat pekerjaan menjadi terganggu dan bisa saja lewat dari deadline yang sudah diberikan oleh klien. Kalau ini terjadi, kepercayaan klien kepada perusahaan bisa berkurang, dan ujung-ujungnya bisa saja mereka pindah mencari agensi atau perusahaan lain untuk menangani proyek mereka selanjutnya. Ini tentunya tidak akan berakhir baik bagi perusahaan, kan?

So, masih bertahan dengan koneksi internet kantor yang lemot dan tidak stabil? Karenanya sebelum memilih provider internet untuk kantor pastikan dulu kecepatan dan stabilitasnya, ya! (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *