Suka Bawa Barang di Atap Mobil? Ini Dampaknya

Berbeda dengan mobil colt diesel yang berukuran besar dan bisa memuat banyak barang, mobil keluarga biasanya tidak memiliki ruang besar untuk barang. Sebab, mobil ini ditujukan untuk penumpang sehingga ruang yang ada akan dipenuhi oleh bangku penumpang. Hanya saja, jika jumlah penumpang tidak terlalu penuh, bangku ini bersifat fleksibel dan bisa dilepas.

bagasi di atas mobil

bagasi di atas mobil

Namun, bagaimana jika jumlah penumpang banyak dan barang yang ingin dibawa juga banyak? Untuk masalah ini, biasanya meletakkan barang di atap mobil akan menjadi jalan keluarnya. Padahal, kondisi ini ternyata berisiko, loh! Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Overload

Isi penumpang penuh dan masih ditambah dengan membawa barang di atas, sudah jelas kondisi ini membuat mobil overload atau melebihi kapasitas. Dalam perjalanan jarak pendek, kondisi ini mungkin tidak terlalu berisiko. Namun, ketika jarak tempuh cukup panjang, akan sangat berisiko menyebabkan mobil kecelakaan akibat meningkatnya risiko pecah ban, atau mempercepat kerusakan mesin karena dipaksa untuk bekerja lebih keras dalam jangka waktu lama.

  • Mengganggu keseimbangan mobil

Saat ini banyak toko aksesoris mobil yang menjual roof box tertutup untuk dipasang pada bagian atas mobil. Penggunaan aksesoris tersebut akan membantu Anda agar baarang yang dibawa di bagian atas masih tetap terbatasi. Namun, jika Anda membawa barang tanpa menggunakan aksesoris tersebut, maka ada baiknya jika Anda waspada saat menata barang-barang tersebut. Pastikan bahwa barang tertata secara seimbang dan jangan sampai terlalu tinggi ataupun melebihi batas ukuran mobil.

  • Merusak eksterior mobil

Tanpa menggunakan roof box, maka barang yang dibawa pada bagian atap mobil akan langsung mengenai body mobil. Tidak hanya itu, seringkali tali juga digunakan untuk mengikat barang tersebut agar tidak terbang terbawa angin saat mobil melaju. Hal-hal tersebut sangat berisiko tinggi untuk merusak cat mobil akibat gesekan barang atau tali pada body mobil.

  • Membahayakan pengendara lain

Pada saat melaju, akan ada tekanan angin yang berisiko membuat barang terbang. Apalagi jika Anda tidak mengikatnya dengan benar. Hal tersebut tentu sangat berbahaya baagi pengendara lain jika sampai ada barang yang jatuh dan mengenai pengguna jalan lainnya.

Membawa barang di atas mobil memang masih diizinkan selama masih dalam batas wajar. Namun sebenarnya, jika tidak dalam kondisi terpaksa, ada baiknya jika Anda tidak melakukannya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *