Crooked House, Rumah Bengkok dari Polandia

Percayakah kalian jika arsitektur rumah yang kalian lihat di gambar tersebut benar-benar nyata dan bukan ilusi? Yap, bangunan tersebut bernama Crooked House, rumah bengkok yang sangat terkenal di Polandia. Bagi kalian yang sedang berencana mencari hunian melalui forum jual beli rumah Jakarta, yuk intip artikel ini karena siapa tahu bisa menjadi inspirasi saat renovasi!

Suasana Crooked House pada siang hari

Suasana Crooked House pada siang hari

Crooked House atau Krzywy Domek adalah bangunan unik yang terletak di wilayah Sopot, Polandia. Bangunan ini merupakan bagian dari sebuah pusat perbelanjaan yang bernama Rezydent Shopping Centre. Bangunannya yang melengkung tak beraturan dan seolah seperti ‘meleleh’ ini merupakan daya tarik tersendiri. Saat ini, Crooked House sudah terdaftar sebagai World’s Strangest Building, lho. Hihi, nggak heran, ya. Bentuknya memang aneh sih.

Hmm, kira-kira siapa sih yang mempunyai ide untuk membuat bangunan dengan model seperti ini? Perkenalkan, mereka adalah Szotyscy dan Zaleski. Kedua arsitek asal Polandia ini mengaku terinspirasi oleh ilustrasi fairytale house yang dibuat oleh Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg. Crooked House yang selesai dibangun pada tahun 2004 ini kemudian sukses menarik perhatian pengunjung untuk berfoto di depan bangunannya. Well, yang harus kalian tahu, Crooked House ini terlihat semakin mempesona ketika malam tiba, loh. Lampu-lampu berwarna kekuningan akan menyinari Crooked House dan membuatnya tampak begitu misterius.

Suasana Crooked House pada malam hari

Suasana Crooked House pada malam hari

Jika bangunan luarnya melengkung seperti ini, bagaimana dengan bagian dalamnya, ya? Ternyata, kalian harus siap-siap kecewa nih. Bagian dalam dari Crooked House terlihat biasa saja seperti pusat perbelanjaan pada umumnya. Ada toko, restoran, cafe, semuanya menggunakan arsitektur bangunan yang ‘normal’ dan tidak spektakuler seperti bagian depan Crooked House. Mungkin, pepatah yang cocok untuk menggambarkan keadaan ini adalah don’t judge a book by it’s a cover. Penampilan luar ternyata tidak menjamin bagaimana bagian dalamnya.

Meskipun begitu, Crooked House sering dijadikan tempat untuk perayaan festival atau acara kebudayaan oleh pemerintah setempat. Di bagian dalam Crooked House, kalian bisa melihat “Wall of Fame” yang berisi tanda tangan seniman yang ikut berpartisipasi dalam festival atau acara kebudayaan tersebut. Pssst, kalian juga bisa menemukan gambar ilustrasi yang menjadi inspirasi pembuatan Crooked House ini, loh! (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *